Hello,

Reader

Pilpres 2024: Gerindra Usung Prabowo, PDIP Tunggu Keputusan Mega 
Pilpres 2024: Gerindra Usung Prabowo, PDIP Tunggu Keputusan Mega 

Jakarta, HanTer - Kemesraan PDI Perjuangan dan Partai Gerindra di sejumlah Pilkada 2020 tahun ini diperkirakan akan berlanjut saat Pilpres 2024 nanti. Di sisi lain  mencuat ke permukaan wacana Partai Gerindra akan kembali mencalonkan Prabowo Subianto dengan calon dari PDI Perjuangan di Pilpres 2024 mendatang.

Adapun kedua partai itu sudah mulai mengumbar kemesraan ke publik melalui diumumkannya pasangan calon yang akan diusung dan dijagokannya di Pilkada 2020 mendatang. Hasilnya, partai juara 1 dan 2 Pilpres 2019 itu, paling banyak berkoalisi.

Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari, menilai, koalisi itu mudah terjalin mengingat kedua parpol memiliki banyak kursi di berbagai wilayah yang akan melaksanakan pesta demokrasi di daerah.

"Jadi, ya mudah untuk berkoalisi. Ibaratnya ya mudah memenuhi persyaratan. Kapal akan gampang berangkat. Kalau koalisinya dengan partai kecil kan belum tentu memenuhi persyaratan 20 persen kursi di DPRD," ujar Qodari di Jakarta, Senin (27/7/2020).

Qodari juga menilai, selain jumlah kursi, secara ideologi koalisi mudah terbentuk. Karena menurutnya, keduanya merupakan parpol nasionalis.

Terkait dengan Pilpres 2024, Qodari mengaku masih terlalu dini menyimpulkan hal semacam itu. Namun, kemungkinannya tetap ada.

Bahkan, dirinya mengaku enggan menerka prihal duet Prabowo Subianto-Puan Maharani dalam kontestasi Pilpres 2024 mendatang.

"Akan dengan siapa? Kalau dari Gerindra ya mungkin cuma satu nama. Namun kalau dari PDIP tentunya kembali ke Bu Mega. Perihal siapa namanya, sulit diambil kesimpulan pada hari ini. Karena politik sangat dinamis. Bisa saja yang ada di DPP (Dewan Pimpinan Pusat). Namun, tidak mustahil juga dari kepala daerah," pungkasnya.

Diketahui, survei yang dilakukan Indo Barometer pada Februari lalu menempatkan Prabowo-Puan sebagai kandidat terkuat untuk 2024. Dalam survei tersebut, Prabowo-Puan selalu unggul ketika dihadapkan dengan pasangan lain seperti Anies-Ridwan Kamil, Anies-AHY maupun Anies-Airlangga.

Dinamika Pilpres 2024

Pengamat politik Adi Prayitno menganggap Pilpres 2024 memiliki dinamika tersendiri. Di sisi lain, ia melihat sosok Prabowo Subianto memiliki keunggulan maupun catatan tersendiri.

"Politik kita dinamis, tapi jalan panjang menuju Pilpres 2024 bisa diteropong dari sekarang. Jauh sebelum ini, survei yang saya gagas menyebutkan dua nama ini unggul di antara figur lainnya, relatif memiliki elektabilitas di atas rata-rata," kata Adi di Jakarta, Senin (27/7/2020).

Dia menjelaskan, Prabowo saat ini jelas memiliki panggung. Selain dipercaya menempati posisi Menteri Pertahanan, dia juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Akan tetapi, Adi menyoroti catatan kritis terkait tokoh tersebut.

Dia sangsi apa mungkin Prabowo akan mencalonkan diri di Pilpres untuk keempat kalinya. Sebelum ini, Prabowo menjadi kandidat calon wakil presiden mendampingi Megawati Soekarnoputri pada 2009, dan menjadi kandidat calon presiden di Pilpres 2014 dan 2019.

Apabila Prabowo memang mencalonkan diri, tidak menutup kemungkinan akan mendapat dukungan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Adi mengatakan, Gerindra dan PDIP punya garis sejarah masa lalu yang kuat, termasuk dalam hal membawa Jokowi ke Jakarta.

PDIP dan Gerindra juga pernah bersama-sama menjadi oposisi. Tidak dimungkiri pula, PDIP yang membuka pintu lebar bagi Prabowo masuk ke koalisi pemerintah. Salah satu opsi, pada simulasi kandidat nanti Prabowo dipasangkan dengan Puan Maharani.

"Biasanya ada simulasi pencalonan. Dites ke pasar apakah calon yang diusung marketable, kalau elektabilitasnya leading, kalkulasi dan simulasinya cocok, mungkin saja," tutur dosen Komunikasi Politik di UIN Syarif Hidayatullah itu.



#Pilpres #prabowo #gerindra #pdip

Komentar Anda
Komentar