Hello,

Reader

BPJAMSOSTEK Menara Sosialisasikan Manfaat Program ke KBPI
BPJAMSOSTEK Menara Sosialisasikan Manfaat Program ke KBPI

Jakarta, HanTer - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Jakarta Menara Jamsostek menggelar sosialisasi manfaat program BPJAMSOSTEK kepada Keluarga Besar Pengemudi Indonesia (KBPI) di Boogie Desert House Bogor, Minggu (26/7/2020).

Dalam sosialisasi manfaat program yang dikemas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan itu, BPJAMSOSTEK juga membagikan masker kepada peserta sosialisasi. Kegiatan tersebut dihadiri puluhan anggota KBPI.

Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Jakarta Menara Jamsostek, Hadi Purnomo mengatakan sosialisasi dilakukan sebagai bagian penyuluhan manfaat program BPJAMSOSTEK bagi pengemudi yang belum terdaftar menjadi peserta BPJAMSOSTEK maupun yang telah terdaftar.

“Sosialisasi ini dilaksanakan untuk mengedukasi pengemudi tentang manfaat program yang diberikan BPJAMSOSTEK kepada peserta.” Kata Hadi, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (28/7/2020).

Dengan adanya perlindungan jaminan sosial, tentunya pengemudi lebih merasa aman dan tidak perlu khawatir jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat melakukan aktivitas bekerja.

"BPJAMSOSTEK hadir memberikan kepastian perlindungan jaminan sosial bagi seluruh tenaga kerja tidak hanya pekerja kantoran atau Penerima Upah (PU) yang dilindungi, pekerja Bukan Penerima Upah (BPU) seperti pengemudi juga harus dilindungi jaminan sosial. Tentunya dengan program ini akan memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengemudi dalam menjalankan aktivitas bekerja,” ucap Hadi.

Ia menjelaskan, BPJAMSOSTEK memberikan perlindungan kepada pekerja melalui empat program yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Pensiun (JP).  Pengemudi dalam kategori pekerja sektor Bukan Penerima Upah (BPU) wajib untuk dicover perlindungan jaminan sosial seperti Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

"Upaya ini menandakan kehadiran negara di tengah-tengah pengemudi untuk memberikan perlindungan jaminan sosial bagi pengemudi," ujarnya.

Sementara itu dalam sosialisasi tersebut, Pembina Keluarga Besar Pengemudi Indonesia, Ika Rostianti, menyampaikan, “Sosialisasi tersebut sangat penting bagi anggota KBPI, karna kebanyakan anggota merupakan pengemudi informal bukan merupakan pekerja dibawah perusahaan. Sehingga pengemudi kesulitan mendapatkan informasi terkait Program perlindungan BPJAMSOSTEK. Dengan adanya sosialisasi ini informasi tersebut tersampaikan dengan baik.” Ucapnya.

Ia menambahkan, selain sosialisasi dengan materi yang menarik, anggota KBPI juga sangat terbantu dengan adanya mobil pelayanan. “Anggota sangat tertarik dengan program BPJAMSOSTEK, dan kita merasa sangat terbantu dengan adanya mobil pelayanan yang disediakan oleh BPJAMSOSTEK Jakarta Menara Jamsostek di tempat acara.” Imbuhnya.

 



#bpjamsostek #menara #KBPI

Komentar Anda
Komentar