Hello,

Reader

Baleg Bahas Klaster Kemudahan Berusaha RUU Ciptaker
Ketua Baleg DPR RI Supratman Andi Agtas.
Baleg Bahas Klaster Kemudahan Berusaha RUU Ciptaker

Jakarta, HanTer - Badan Legislasi (Baleg) DPR RI tetap menggelar rapat Panitia Kerja (Panja) di tengah Reses Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2019-2020 guna melanjutkan pembahasan DIM Rancangan Undang-Undang tentang Cipta Kerja (RUU Ciptaker). Ketua Baleg DPR RI Supratman Andi Agtas menyampaikan, rapat kali ini dalam rangka meminta masukan dari para ahli dan persetujuan usulan dari Fraksi-Fraksi.

“Khusus untuk pembahasan RUU Cipta Kerja kita lanjutkan di masa reses ini dengan meminta masukan dari ahlinya langsung dan persetujuan serta usulan dari Fraksi-Fraksi yang ada di DPR,” kata Supratman saat memimpin Rapat Panja DIM RUU Cipta Kerja di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Rabu (22/7/2020).

Supratman mengatakan pembahasan DIM RUU Cipta Kerja sudah menginjak klaster kemudahan dalam berusaha. Menurutnya, dinamika pembahasan berjalan baik. Hampir semua fraksi sepakat agar RUU tersebut memberi kemudahan di sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Pembahasan RUU ini sudah sampai kemudahan dalam berusaha. Sejauh ini pembahasan berjalan baik. Hampir semua Fraksi sepakat agar RUU memberi kemudahan usaha mikro,” imbuh politisi Fraksi Partai Gerindra ini.

Kemudahan berusaha dalam RUU Omnibus Law ini diatur menjadi berbasis risiko. Yakni usaha risiko rendah, sedang, dan tunggu. Usaha risiko rendah tak memerlukan izin, melainkan cukup registrasi. Adapun usaha risiko sedang akan diatur agar memenuhi standar. 

“Kalau dia jenis usahanya berisiko tinggi, maka dia perlu izin di dalamnya mencangkup AMDAL,” tutup legislator dapil Sulawesi Tengah itu. 
 



#DPR #RUUCiptaKerja

Komentar Anda
Komentar