Hello,

Reader

Pensiun Jadi Security, Kini Joko Susilo Miliki 5 Barbershop
Joko Susilo/ ist
Pensiun Jadi Security, Kini Joko Susilo Miliki 5 Barbershop

Jakarta, HanTer - Berbagai pengalaman kerja telah dijalani Joko Susilo (42), hingga akhirnya menjadi tukang cukur atau barber yang sukses. Saat ini Joko, ayah dua anak ini telah memiliki 5 gerai barbershop dengan nama Story08 Barbershop yang tersebar di wilayah Tangerang, Banten, seperti di Pondok Aren, Parung Serab, Ciledug Indah, dan  Pinang Graha Raya Kunciran. Sementara karyawan yang dimilikinya ada 7 orang.

"Satu lagi dengan brand The Jok's Barbershop di Sudimara Ciputat Tangerang Selatan. Untuk tahun 2020 ini target saya menambah 3 gerai lagi dengan Brand Story08 Barbershop," ujar Joko Susilo mengawali pembicaraan dengan Harian Terbit, medio Juli 2020.

Joko mengaku, sebelum menjadi barber, pernah menjadi petugas keamanan (satpam) atau lebih kerennya security di pabrik t-shirt atau kaos. Selama lebih 2 tahun Joko jadi security hingga terkena PHK sepihak dan menganggur. Beruntung ketika jadi security sering memperhatikan karyawan saat menyablon, maka Joko pun mempunyai keahlian menyablon kaos.

"Akhirnya selepas kena PHK tahun 2002, saya membuka usaha percetakan dan reklame," ungkapnya.

Namun, sambung Joko, tahun 2014 usaha percetakan dan reklame mulai mengalami masalah. Untuk mengisi waktu luang, Joko pun kerap nongkrong di gerai pangkas rambut daerah Kalideres, Jakarta Barat. Joko melihat profesi tukang cukur kehidupannya rileks, dengan semua customernya, barber bisa membaur seolah tanpa beban. Semua mengalir secara alami dari obrolan politik sampai keluarga mengikuti alur customer.  

"Saya sering menghabiskan waktu di pangkas rambut tersebut untuk menghilangkan penat karena saya merasa lebih tenang dari pada saya pulang ke rumah karena ada masalah," paparnya.

Karena terlalu sering di pangkas rambut, Joko pun mulai belajar mencukur rambut dan bekerja paruh waktu atau sambilan di pangkas rambut tersebut. Dengan kemampuan cukur yang dimiliki, Joko pun melamar ke barbershop di Karawaci, Tangerang, yang kala itu sedang membutuhkan barber. Ternyata lamarannya diterima dan kala itu Joko digaji Rp1.5 juta/ bulan.

"Saya tidak keberatan karena saya anggap sambil memperlancar kemampuan mencukur yang saya memiliki," jelasnya.

Namun, kerja di barbershop di Karawaci, tidak berlangsung lama. Setelah tiga hari, Joko berhenti karena merasa tidak enak lantaran sering telat masuk kerja. Sebab sebelum jam kerja, Joko side job menjadi driver ojol. Namun pemilik barber malah menawarkan untuk mengisi barbershop di kawasan Poris,Tangerang, dengan sistim bagi hasil. Selama 1 tahun, Joko menekuni usaha barber hingga akhirnya semua masalah keuangan bisa dilunasi.

Bertepatan dengan tanggal lahirnya, 29 Mei 2018, Joko memulai membuka barbershop sendiri dengan nama Story08 Barbershop. Joko memberi saran untuk meningkatkan keahlian atau skill baik sebagai barber maupun usaha barbershop, yakni, dengan banyak belajar baik melalui teman, komunitas seperti Komunitas Barber Tangerang (KOBATA) dan beberapa event yang diadakan di Jakarta dan sekitarnya. 

Untuk usaha barbershop Joko mengaku banyak belajar dari penulis buku " Barbershop Undercover" yaitu Ibu Riany Azzahra. Filosofi hidup Joko pun patut ditiru,

"life may not perfect but your hair can be.., hidup mungkin tak sempurna tetapi rambut mungkin bisa..Jalani semuanya dengan hati, pekerjaan apapun, dimanapun kita berada lakukan dengan hati dan yakin dengan kemampuan yang kita miliki. Kita semua akan sukses hanya caranya dan waktunya yang berbeda. Tetap optimis bahwa kita bisa dan mampu untuk meraihnya. Setiap orang punya mimpi dan setiap mimpi ada tangga yang harus dilewati, nikmati setiap prosesnya karena tidak ada sesuatu yang instan kecuali mie instan. 



#Pensiun #Security #Barbershop

Komentar Anda
Komentar