Hello,

Reader

Seluruh Kelurahan Zona Merah Covid-19 Jakarta Perlu Lockdown?
Seluruh Kelurahan Zona Merah Covid-19 Jakarta Perlu Lockdown?

Jakarta, HanTer - Kasus Covid-19 di DKI Jakarta kini telah tersebar di seluruh kelurahan, yakni 267 kelurahan. Kasus Covid-19 juga sudah menyebar di Kepulauan Seribu, yang sebelumnya wilayah ini belum terpapar. Jakarta perlu Lockdown?

Aktivis Perhimpunan Masyarakat Madani (PRIMA), Sya'roni mengatakan, wacana lockdown karena jumlah yang positif Covid-19 semakin tinggi, sudah lewat. Saat ini virus corona sudah menyebar secara masif. Jika mau lockdown mestinya sejak dulu saat awal-awal terdeteksi adanya pasien positif, yakni awal Maret 2020. 

"Selain itu, wacana lockdown pasti ditolak oleh Presiden Jokowi. Pemerintah berkepentingan untuk mempertahankan ekonomi agar tidak ambruk terlalu dalam," ujar Sya'roni kepada Harian Terbit, Rabu (29/7/2020).

Sya'roni memaparkan, Jakarta adalah pusat pergerakan dan perputaran ekonomi. Jika Jakarta di lockdown, maka resesi ekonomi semakin cepat terwujud. Hal itulah yang ditakutkan Pemerintahan Jokowi. Oleh karenanya lockdown Jakarta pasti bakal ditolak Pemerintah Pusat, maka sebaiknya Gubernur Jakarta Anies Baswedan lebih memperketat PSBB guna menekan penyebaran virus Corona.

"Saat ini terlihat PSBB terasa lebih longgar dibanding awal-awal dulu," tandasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Forum Rakyat Semesta (Forsa), Mohamad Jokay mengatakan, jika lockdown memang sudah menjadi keharusan di wilayah Jakarta maka silakan saja. Tapi, perlu juga dipikirkan dampak politik, ekonomi dan sosialnya. Terlebih Indonesia sudah terlalu banyak utang kepada lembaga keuangan internasional. 

"Oleh sebab itu, saya secara pribadi khawatir akan terjadi gejolak sosial yang lebih parah dari kerusuhan masa silam (97-98), jika lockdown diterapkan di Jakarta," paparnya.

Jokay menegaskan, sebagai alternatif terakhir maka lockdown bisa dilakukan. Dengan catatan, negara kuat secara politik, ekonomi dan sosial. Sementara saat ini negara masih lemah karena sudah tidak punya uang. Jikapun ada, uang itu dari hasil utang dan tentu semua rakyat yang akan menanggungnya. "Jadi lockdown belum bisa diterapkan," tegasnya.

Dukung Anies

Sementara itu Senator Jakarta Fahira Idris mendukung penuh langkah yang diambil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang akan terus meningkatkan jumlah tes Polymerase Chain Reaction (PCR). Langkah ini sangat strategi sebagai fase penting yang harus ditempuh sebuah wilayah jika ingin segera mengendalikan pandemi Covid-19. 

Di banyak negara dunia, melandainya kurva positif dan transmisi virus dapat dikendalikan didahului dengan melakukan tes massal yang dilanjutkan dengan pelacakan dan tindakan medis mulai isolasi mandiri di bawah pengawasan tenaga kesehatan atau mendapat perawatan di rumah sakit sehingga penyebaran virus bisa dihentikan.

Fahira mengungkapkan melonjaknya temuan kasus positif Covid-19 di Jakarta dalam beberapa hari terakhir menandakan Pemprov DKI Jakarta bekerja dan terus melakukan terobosan untuk mengendalikan pandemi Covid-19. Tanpa tahu sebesar apa transmisi penyebaran di sebuah daerah maka mustahil pemerintah di daerah tersebut bisa memformulasikan strategi dan kebijakan untuk mengendalikan pandemi.

“Tes massal satu-satunya cara kendalikan pandemi dan Jakarta sedang lakukan itu. Bahkan saat ini tes yang dilakukan di Jakarta hampir 4 kali lipat standar yang dianjurkan WHO. Lonjakan kasus yang didahului tes massal dengan metode active case finding menandakan Pemprov DKI sedang bekerja mengendalikan pandemi ini,” paparmya.

Jadi, menurut Fahira, tidak tepat memandang lonjakan kasus di Jakarta sebagai sebuah kegagalan karena ini justru fase yang harus dilewati untuk mengendalikan pandemi. Lonjakan kasus ini menjadi cara untuk mengunci penyebaran virus termasuk dari Orang Tanpa Gejala (OTG). Ini karena dari kasus yang temukan, Pemprov DKI Jakarta melakukan pelacakan, peningkatan komunikasi publik (tidak menutup-nutupi jumlah kasus) dan penggunaan teknologi informasi (aplikasi Jakarta Sehat) yang disertai kesiapan layanan kesehatan. 

"Dengan berbagai strategi ini, penyebaran virus bisa dicegah agar tidak meluas," jelasnya. 



#Corona #covid-19

Komentar Anda
Komentar