Hello,

Reader

PDIP Disarankan Usung Puan, BG dan Tito di Pilpres 2024
Ketua Komite Eksekutif KAMI, Ahmad Yani
PDIP Disarankan Usung Puan, BG dan Tito di Pilpres 2024

Jakarta, HanTer - Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri menyindir deklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI). Bahakn dirinya curiga, para punggawa KAMI ingin menjadi presiden. Berbagai kalangan pun kerap berkomentar atas hal itu.

Ketua Komite Eksekutif KAMI, Ahmad Yani, menegaskan KAMI tidak akan menjelma menjadi partai politik.

"Bagaimana mungkin kami ini akan menjadi alat atau kendaraan politik orang per orangan atau kelompok yang ingin jadi presiden sedangkan kami sendiri tidak akan pernah menjelma menjadi ormas ataupun parpol enggak mungkin," ucapnya di Jakarta, Kamis (27/8/2020).

Puan, BG, Tito

Sehingga, kata Yani, untuk agenda Pilpres 2024 KAMI mempersilakan PDIP mengusung Puan Maharani, Budi Gunawan (BG) atau Tito Karnavian. Menurutnya, capres hanya bisa diusung oleh parpol bukan gerakan moral seperti KAMI.

"Jadi biarkan namanya kalau mau jadi presiden kita dukung Bu Mega lagi kalau Bu Mega mau jadi Presiden atau Mba Puan ya silakan itu kan memang wilayah mereka, wilayah politik kan ada Mbak Puan ada Pak Budi Gunawan atau ada Tito, biarkanlah mereka itu bicara masalah Presiden mungkin agendanya 2024," ujarnya.

Eks politikus PPP itu juga membantah bila deklarator KAMI Gatot Nurmantyo dan Din Syamsuddin punya ambisi untuk agenda Pilpres 2024. Menurutnya, kedua tokoh itu hanya ingin menyelamatkan bangsa dan negara.

"Enggaklah mereka berkomitmen baik,  Pak Din sudah menyelesaikan masalah urusan-urusan dunianya sudahlah, dia semata-mata ingin menyumbangkan untuk menyelamatkan bangsa ini," ucapnya.

Sebelumnya, Megawati menyindir kehadiran KAMI. "Wah, KAMI itu kayaknya banyak banget yang kepingin jadi presiden. Ya daripada bikin seperti itu, kenapa ya dari dulu nggak cari partai?," kata Mega saat menyampaikan pidato pembukaan Sekolah Calon Kepala Daerah (Cakada) Gelombang II Menuju Pilkada Serentak 2020 yang digelar secara daring, Rabu (26/8/2020).

Jadi Parpol

Pengamat politik dari Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo berpendapat bahwa ada gelagat kuat KAMI akan menjadi partai politik.

"Gelagatnya kuat (jadi partai politik), kan bisa jadi mereka sebagai ormas nanti bergerak sampai ke daerah-daerah lalu pada momentum mendekati pemilu kemudian deklarasi sebagai parpol," kata Karyono di Jakarta, Kamis (27/8/2020).

Koalisi yang diklaim sebagai gerakan moral itu mengaku tidak akan berubah menjadi partai politik. Namun, Karyono meragukan klaim tersebut.

Sebab, lanjut Direktur Eksekutif IPI ini, karakter seperti KAMI sudah lebih dulu dilakukan oleh NasDem dan Perindo yang juga cikal bakalnya dimulai dari ormas. Sebagaimana diketahui, KAMI juga sudah dideklarasikan di sejumlah wilayah, yang terbaru di Solo, Jawa Tengah.



#KAMI #Pilpres #pdip #megawati #puan #tito #bg

Komentar Anda
Komentar