Hello,

Reader

Promosikan UMKM Daerah, Yutuber Kaisar Kumis Keliling Indonesia 
Yutuber Kaisar Kumis/ ist
Promosikan UMKM Daerah, Yutuber Kaisar Kumis Keliling Indonesia 

Jakarta, HanTer - Banyak cara untuk yang di lakukan para yutuber dalam membuat konten agar menarik masyarakat salah satunya Rakha Maulana Muhtadi yang di kenal dengan Kaisar Kumis nekat melakukan tour keliling Indonesia Bersama istrinya Yessy hanya dengan mengendarai mobil Honda Brio. 

Jelasnya dia keliling Indonesia sambil membuat konten untuk youtubenya. Tapi ada yang berbeda kali ini, dia mengusung konsep keliling Indonesia sambil mempromosikan UMKM yang ada di tiap daerah. 

Menurut Rakha tersendatnya kegiatan ekonomi imbas penularan virus Corona di Indonesia dinilai paling mempengaruhi pelaku usaha sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang tingkat permodalannya terbatas. Padahal, sektor ini malah banyak menyerap tenaga kerja.

Untuk itu, diperlukan upaya nyata dari pemerintah dalam menyelamatkan sektor usaha ini. Melalui tour keliling Indonesia aku akan melakukan interaksi dengan pelaku UMKM sekaligus mempromosikan UMKM daerah yang aku singgahi dalam konten Pemersatu Bangsa," ujar Kaisar Kumis dalam ketangan pers di Jakarta Minggu (6/9/2020).

Menurut yutuber bertato ini apa yang dilakukan adalah murni keinginannya sendiri untuk turut mengangkat dan mengembangkan UMKM daerah. 

“Ini murni dari lubuk hati aku terdalam, turut mengangkat UMKM di tiap daerah agar lebih dikenal dan lebih maju, siapa tau ada di antara kalian yang melihat youtube aku jadi tertarik dan syukur-syukur bisa ikut membantu mengembangkan UMKM tersebut," harap Kaisar Kumis. 

Balikpapan adalah kota yang pertama di kunjungi. Disini Kaisar Kumis mengangkat UMKM pengusaha kopi di salah satu daerah tersebut.

“Alhamdulillah, responnya baik dan yang punya usaha seneng banget! Sempet sih ownernya mau ngasih amplop tapi aku tolak, gak enak lah, tujuanku bukan untuk uang, tapi mempererat silaturahmi," tegasnya. 

Rakha Maulana Muhtadi berkecimpung di dunia youtube. awal 2017 dia memulai karirnya di youtube di channel Susumu Project. Sekejap karirnya melejit karena konten kontroversinya dengan jargon Pemersatu Bangsa. Selang satu tahun, karena mulai tidak sepaham dengan Tim nya, Kaisar Kumis memutuskan untuk pindah dan membuat Channel baru Bersama tim barunya yaitu Midollovita. Dichannel inipun Kaisar Kumis menuai sukses terlihat dari video-video yang viral dengan view jutaan. Tapi masalah pun terjadi lagi, perbedaan paham mulai terulang kembali.

“Hingga akhirnya aku memutuskan untuk solo karir dan menjalankan Chennel Youtubeku sendiri hingga saat ini. Berat sebenarnya meninggalkan apa yang sudah diperjuangkan Bersama teman-teman lama, tapi mau gimana lagi, daripada mempertahankan perbedaan tujuan ini, lebih baik aku pergi dan jalan sendiri, ungkap Kaisar Kumis. 

Menurut pemuda asal Samarindah awal menjadi youtuber dirinya tidak didukung orang tua karena konten-kontennya yang dewasa dan hampir vulgar. 

“Kedua orang tua aku sempet suruh hapus channel, malu katanya sama keluarga punya anak kontennya kok fulgar dan gak berpendidikan aku berusaha meyakinkan kepada mereka apa yang aku buat di youtube itu professional dan berbanding terbalik dengan kehidupan. Tapi sekarang aku mencoba terobosan baru dengan konten baru, mulai mengurangi hal-hal yang berbau fulgar, apalagi sekarang udah punya istri, tanggung jawab sama konten juga perlu, makanya aku memutuskan untuk melakukan hal gila tuor keliling Indonesia dengan mobil," pungkas Kaisar Kumis.



#Yutuber #Kaisar #Kumis

Komentar Anda
Komentar