Hello,

Reader

Ribuan Jenazah Dimakamkan Akibat Covid-19, Pemprov DKI Siapkan Lahan TPU Covid-19 di Rorotan
Ilustrasi (ist)
Ribuan Jenazah Dimakamkan Akibat Covid-19, Pemprov DKI Siapkan Lahan TPU Covid-19 di Rorotan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menetapkan tiga lokasi di Ibu Kota menjadi tempat isolasi mandiri orang yang terpapar Covid-19 tanpa gejala. Disisi lain, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal menambah lokasi tempat pemakaman umum (TPU) bagi jenazah Covid-19 di Jakarta Utara.

Adapun ketiga tempat itu adalah Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta atau Jakarta Islamic Center (JIC) di Jakarta Utara; Graha Wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur; dan Graha Wisata Ragunan di Jakart Selatan.

Dalam Kepgub tersebut juga dijelaskan alamat tiga tempat lokasi isolasi mandiri orang yang terpapar Covid-19. Untuk JIC berada di Jalan Kramat Jaya, Kelurahan Tugu Utara, Kecamatan Koja, Jakarta Utara.

Kemudian Graha Wisata TMII berada di Jalan Raya TMII, Kelurahan Cipayung dan Ceger di Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Terakhir, Graha Wisata Ragunan di Komplek GOR, Jalan Raya Ragunan, Jalan Harsono, Kelurahan Ragunan, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Siapkan Lahan TPU 

Sementara itu, Pemprov DKI Jakarta bakal menambah lokasi tempat pemakaman umum (TPU) bagi jenazah Covid-19 di Jakarta Utara. Saat ini Dinas Bina Marga DKI Jakarta sedang melakukan pematangan lahan makam di TPU Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho, mengatakan, total lahan yang sedang dimatangkan itu mencapai dua hektar. Diperkirakan kapasitasnya mampu menampung 6.000 petak makam.

"Proses pematangan saat ini baru mencapai empat persen, dan petugas di lapangan juga masih melakukan pengerukan serta pembuatan akses jalan masuk menuju pemakaman," kata Hari di Jakarta, Senin (28/9/2020).

Ribuan Jenazah

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta mencatat ada 6.248 jenazah yang ada di Jakarta dimakamkan dengan protokol kesehatan Covid-19. Hal itu dilakukan untuk menghindari penularan kepada petugas pemulasaran maupun pemakaman.

"Sejak Maret hingga hari ini (Jumat, 25/9/2020) telah tercatat 6.428 jenazah yang dimakamkan dengan protap penanganan Covid-19 di Jakarta," tulis Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria yang dikutip dari akun resmi Instagram miliknya @bangariza pada Sabtu (26/9/2020).

Seperti diketahui, Pemprov DKI Jakarta telah menyiapkan lahan baru pemakaman jenazah Covid-19 di TPU Tegal Alur, Jakarta Barat hingga 6.000 makam. Untuk total luas lahan yang disiapkan, mencapai dua hektar.



#Corona #covid-19

Komentar Anda
Komentar