Hello,

Reader

Kisruh Penyaluran Bansos, DPRD Minta Dilakukan Audit
Ilustrasi paket sembako untuk warga terdampak COVID-19
Kisruh Penyaluran Bansos, DPRD Minta Dilakukan Audit

Jakarta, HanTer - Pihak DPRD DKI Jakarta memanggil Dinas Sosial, Pasar Jaya, dan Food Station, serta Inspektorat DKI terkait persoalan Bantuan Sosial (Bansos) Pandemi COVID-19. Dewan meminta agar segera dilakukan audit menyeluruh terkait bansos tersebut.

"Ini harus segera dilakukan audit. Jangan sampai saat proses penyaluran selesai muncul persoalan yang menyalahi aturan," kata Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Mohamad Taufik, dalam rapat pemanggilan Dinas Sosial dan instansi terkait lainnya di kantor DPRD DKI Jakarta, Rabu (7/10/2020).

Dirinya sekaligus meminta agar Inspektorat melakukan audit Dinas Sosial DKI Jakarta diaudit terkait carut marut penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) Pandemi Covid-19. "Dalam masalah ini Dinsos yang punya gawe," tegas M Taufik.

Taufik mengungkap, benang kusut penyaluran bansos ada pada Dinsos. "Saya minta Dinsos diaudit oleh Inspektorat. Jika nanti ada temuan dilanjut dilaporkan ke pihak berwajib," katanya.

Desakan audit itu lantaran melihat carut marut penyaluran bansos Pandemi Covid-19 di DKI Jakarta. Permasalahan yang muncul seperti banyak yang berhak menerima justru hanya bisa jadi penonton, item paket bansos tidak sesuai permintaan barang.

"Partai Gerindra selaku partai pendukung Gubernur DKI Anies Baswedan tidak menghendaki penyaluran bansos bermasalah karena akan menjadi preseden buruk bagi Gubernur Anies," jelas M Taufik.

Sekretaris Fraksi Gerindra Syarief mengatakan akan melakukan evaluasi menyeluruh untuk kegiatan penyaluran Bansos Pandemi Covid-19 tersebut. "Kita akan meminta keterangan semua instansi atau orang yang terkait penyaluran bansos," terang Syarief.

Evaluasi dimaksud, lanjut Syarief, meliputi soal data penerima, item paket bansos, institusi penyalur bansos. 

Siap Diaudit

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Irmansyah menyatakan siap untuk diaudit. "Saya siap untuk diaudit dan data-data akan kita siapkan," kata Irmansyah.

Begitu juga Inspektorat DKI menyatakan siap untuk melakukan audit atas kegiatan pengadaan dan penyaluran bansos. "Kami siap melakukan audit atas kegiatan pengadaan dan penyaluran bansos," ucap Kepala Bidang V Inspektorat Hamad.

Hadir dalam rapat tersebut Kadinsos Irmansyah, Direktur Usaha dan Pengembangan PD Pasar Jaya Anugrah Esa dan Direktur Utama Food Stadion Frans Sembuana.

Sementara dari Fraksi Gerindra nampak hadir Wakil Ketua DPRD M Taufik, Syarif dan beberapa anggota Fraksi Gerindra. 



#Corona #covid-19 #psbb #jakarta #bansos #dprd #dki

Komentar Anda
Komentar