Hello,

Reader

Lima Pencuri Ratusan Motor Diciduk, Polisi Tangkap 2 Perempuan Gelapkan 16 Mobil 
Lima Pencuri Ratusan Motor Diciduk, Polisi Tangkap 2 Perempuan Gelapkan 16 Mobil 

Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Barat menangkap seorang perempuan paruh baya berinisial YR alias WT (40) yang menggelapkan sebanyak 16 unit mobil sewaan (rental).

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Audie S Latuheru menyebutkan, pelaku YR alias WT tidak beraksi sendiri, melainkan bersama komplotan pelaku penggelapan mobil lainnya.

“Pelaku ada dua wanita, satu sudah tertangkap dan satu lagi wanita masih dalam pencarian,” ujar Audie di Jakarta, Kamis.

Selain itu, polisi juga menangkap dua penadah berinisial AM (25) dan AR (44) secara terpisah. Tersangka AM dibekuk di Serang, Banten pada Minggu (15/11), sedangkan AR diamankan di Sentul, Bogor, Rabu (18/11).

Dari kedua penadah tersebut, polisi menemukan delapan unit mobil dengan merek berbeda di kawasan Pandeglang, Banten. “Delapan mobil lainnya masih kami buru,” ujar Audie.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat Kompol Teuku Arsya Khadafi menjelaskan pelaku YR alias WT mengelabui para korbannya, pemilik rental, sebagai perempuan pebisnis.

Pelaku menyewa kendaraan di sekitar Cengkareng-Kalideres dengan identitas palsu. Mobil yang disewanya seharga Rp200 jutaan dan digadai seharga Rp25 juta per unit. “Dia menyewa beberapa hari, ada juga sewa mobil bulanan,” ujar Arsya dilansir Antara.

Polisi kini mengejar pelaku lain dan barang bukti terkait kasus penggelapan mobil rental tersebut.

Ratusan Motor
 
Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya meringkus lima pencuri dan menembak mati satu pelaku pencurian ratusan sepeda motor.

"Ini pemain lama, dia mengaku baru 10-11 kali beraksi, penadahnya ini sehari bisa terima 8-10 motor hasil curian. Kalau ngaku ke saya 20-30 tapi ini sudah DPO dari satu tahun yang lalu," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Kamis.

Kalau dihitung semua, kata dia, sudah ratusan motor ditampung para penampung.

Saat petugas akan melakukan penangkapan, tersangka ACS (24) melakukan perlawanan dengan senjata api rakitan hingga membuat petugas terpaksa mengambil tindakan tegas dengan melumpuhkan ACS.

Melihat rekannya ambruk, lima tersangka lainnya berinisial MY (18), HS (26), MT (31) dan D (26) langsung menyerah tanpa perlawanan.

Sindikat ini diketahui kerap melakukan aksinya di wilayah Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Saat diperiksa petugas, para pelaku menjual motor ke penadah dengan harga Rp1 hingga 3,5 juta per satu unit motor. Penadah tersebut kemudian menjual motor hasil curian tersebut ke wilayah di luar Jabodetabek.

Modus komplotan ini sama seperti maling motor pada umumnya, yakni mencari motor-motor yang terparkir di lokasi yang minim pengawasan.

Para pelaku ini kemudian membobol kunci kontak motor dengan kunci letter T dan langsung membawa kabur motor tersebut tanpa diketahui pemiliknya.

Akibat perbuatannya, para tersangka ini dikenakan Pasal 363 tentang pencurian ancam hukuman 9 tahun penjara dan Pasal 480 KUHP tentang penadahan dengan ancam hukuman 4 tahun penjara.



#Curanmor #polisi #begal #perampokan

Komentar Anda
Komentar