Hello,

Reader

Anies Kembali Sabet Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik Untuk Yang Ketiga Kalinya
Anies Kembali Sabet Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik Untuk Yang Ketiga Kalinya

Jakarta, HanTer - Pemprov DKI kembali mendapat penghargaan keterbukaan informasi publik oleh Komisi Informasi PUsat (KIP) RI tahun 2020. Penghargaan ini merupakan ketiga kalinya yang didapat oleh pemprov DKI.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut penghargaan ini merupakan hasil kerja bersama seluruh jajaran Pemprov DKI, serta kolaborasi masyarakat.

"Alhamdulillah, tiga tahun berturut-turut! Pemprov DKI Jakarta kembali dinobatkan sebagai Pemda berkualifikasi Informatif oleh Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik tahun 2020. Apreasiasi dari KIP ini merupakan hasil kerja bersama seluruh jajaran Pemprov," ujar Anies.

Penghargaan pemerintah daerah berkualifikasi informasi memiliki indikator penentu, yakni pengembangan situs web, pengumuman informasi publik, pelayanan informasi publik, dan penyediaan nformasi piblik.

"Pada hasil monitoring dan evaluasi, Pemprov DKI Jakarta meraih nilai 99,07," ucap Anies.

Khusus di tahun ini, Anies menyebut keterbukaan informasi di pemerintahannya tampak pada penanganan pandemi COVID-19. Pihaknya menghadirkan kanal daring yang memfasilitasi kebutuhan informasi publik, yakni corona.jakarta.go.id dan aplikasi Jakarta Kini (JAKI).

"Produk-produk keterbukaan publik ini terus dikembangkan, salah satunya adalah kecepatan kita untuk beradaptasi dan membuat terobosan platform yang memfasilitasi kebutuhan akan informasi yang transparan terkait pandemi COVID-19. Tidak hanya itu, platform tersebut juga memberikan ruang bagi mereka yang ingin membantu sesama yang terdampak," jelas Anies.

Selain itu, ada pelayanan informasi publik, yakni PPID DKI Jakarta. Layanan ini tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 175 Tahun 2016.

Lalu, Pemprov DKI menyediakan data terbuka melalui portai Jakarta Open Data, degan alamat situs data.jakarta.go.id. Portal ini melibatkan seluruh organsasi perangkat daerah (OPD).

Anies melanjutkan, penghargaan yang diraih selama tiga tahun berturut-turut tersebut merupakan tanggung jawab yang harus dipertahankan, bahkan ditingkatkan.



#Gubernur #DKIJakarta #Aniesbaswedan #informas #penghargaan

Komentar Anda
Komentar