Rekan Indonesia Dukung Anies Realisasikan 10 Juta Vaksinasi di Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/ ist
Rekan Indonesia Dukung Anies Realisasikan 10 Juta Vaksinasi di Jakarta

Jakarta, HanTer - Relawan Kesehatan (Rekan) Indonesia mendukung target Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merealisasikan 10 juta vaksinasi berbasis komunitas yang berkeadilan. 

Hal ini disampaikan Rekan Indonesia melalui Sekretaris Wilayah Provinsi DKI, Ravindra Anan dalam siaran persnya, Jumat (19/3/2021).

Ravindra mengatakan, basis berkeadilan yang menjadi pondasi target 10 juta vaksinasi kepada warga DKI adalah bukti pemikiran objektif Pemprov DKI dalam upaya melindungi keselamatan warga DKI. 

Apalagi, menurut Ravindra, ada kesenjangan dalam vaksinasi yang berlangsung selama ini, dimana warga yang kaya bisa mendapat vaksinasi secara gratis melalui tahapan vaksinasi yang dilakukan oleh pemerintah.

Menurut Ravindra, sejak pelaksanaan vaksinasi Covid-19, Rekan Indonesia rutin melakukan pemantauan di lapangan.

Dalam pantauannya, Rekan Indonesia juga menyikapi kasus artis selebgram yang mendapat vaksinasi di luar jadwal dan target vaksin. Termasuk juga kasus keluarga DPRD DKI yang mendapat vaksin di luar jadwal dan target yang ditentukan. 

“Orang-orang kaya tersebut memiliki kemampuan untuk membayar petugas pelaksana vaksin agar dapat divaksin saat ini. Ironisnya, yang mereka incar hanyalah sertifikat telah melakukan vaksinasi, sehingga dengan sertifikat tersebut mereka bisa berpergian ke luar kota dan luar negeri tanpa harus melakukan swab atau mengurus surat keterangan izin masuk setiap mereka akan berpergian," kata Ravindra.

Fenomena ini menurut Ravindra, sangat mengkhawatirkan, karena mengabaikan prinsip keadilan.

Selain itu, jika tiba waktunya jadwal pelaksanaan vaksin untuk warga umum yang berstatus sosial menengah kebawah, ketersediaan vaksin tidak mencukupi karena sudah diambil oleh warga yang mampu untuk di vaksin terlebih dahulu.

“Karenanya Rekan Indonesia mendukung 100 persen target 10 juta vaksinasi berbasis komunitas untuk vaksinasi yang berkeadilan. Dukungan kami dalam bentuk konkret yaitu membantu mensosialisasikan melalui komunitas warga siaga Rekan Indonesia yang berada di setiap RT," kata Ravindra.

Masih menurut Ravindra, sosialisasi yang akan dilakukan oleh Rekan Indonesia berbentuk kampanye Sukses 10 Juta Vaksinasi Untuk Warga DKI dengan memasang spanduk dan kampanye di lingkungan RT dan tempat strategis lainnya.

“Kami berharap mendapat dukungan dari berbagai pihak, dan kami juga berharap hal ini bukan hanya dilakukan oleh Rekan Indonesia tapi juga dilakukan oleh kelompok lain. Sehingga sukses 10 juta vaksinasi menjadi sebuah gerakan sosial dalam penanggulangan pandemi Covid-19,” tutup Ravindra.

Sebelumnya, dalam dalam Forum C40 Mayoral Webinar, Anies memaparkan kondisi vaksinasi di Jakarta, di mana Pemprov DKI Jakarta bertanggung jawab untuk melatih para vaksinator, memelihara rantai dingin, mendorong kesadaran masyarakat untuk divaksin, dan memastikan mobilisasi kelompok rentan ke pusat vaksin Covid-19.

Anies menjelaskan, terkait strategi vaksinasi yang dikerjakan oleh Pemprov DKI Jakarta. Bersama Kementerian Kesehatan dan swasta, Pemprov DKI menginisiasi strategi program penyebaran vaksinasi bekerja sama dengan berbagai pihak melalui vaksinasi drive-thru.

Layanan penjemputan ke lokasi vaksinasi itu untuk melayani kelompok usia lanjut, dan pedagang pasar tradisional, pusat vaksinasi massal yang diselenggarakan oleh Badan Usaha Milik Negara, dan memanfaatkan semua rumah sakit, puskesmas, sekolah, kantor pemerintahan, gedung pertemuan, dan balai olah raga untuk vaksinasi.

"Sasaran kami adalah mencapai 150.000 vaksinasi setiap hari dengan menerapkan vaksinasi berbasis komunitas untuk vaksinasi yang berkeadilan (menjangkau seluruh kalangan), untuk itu kami menjalankan beberapa aksi dengan memobilisasi lingkungan (RT/RW) dan mengirimkan pesan harian untuk menginformasikan target vaksinasi," kata Anies. 
 



#Rekan #Indonesia #Dukung #Anies