Hello,

Reader

Presiden Dinilai Cuek, Kasus Kematian Covid-19 di Brasil Tertinggi Setelah India
Ilustrasi/foto: pixabay
Presiden Dinilai Cuek, Kasus Kematian Covid-19 di Brasil Tertinggi Setelah India

JAKARTA - Selain India, Brasil kini juga menjadi pusat perhatian dunia. Ini karena pemerintahan Presiden Jair Bolsonaro dituding tidak serius menangani Covid-19 sehingga angka kematiannya tembus angka 400 ribu orang dalam 24 jam terakhir pada Kamis (29/4/2021) terjadi penambahan 3.001 kematian baru. 

Dengan angka itu, Brasil menjadi negara kedua di dunia dengan tingkat kematian tertinggi akibat Covid-19. Negara pertama adalah India dengan angka 600 kematian lebih tinggi.

Namun dari jumlah total kematian, Brasil berada di atas India. Ini karena jumlah total kematian akibat Covid19 di India masih pada angka 208.832 orang. 

Dari data worldometer, Brasil tercatat sebagai negara dengan jumlah total kematian akibat Covid-19 terbanyak kedua setelah Amerika Serikat.

Dibanding jumlah penduduk yang 212 juta, menurut laporan The Hindu, negeri samba itu mencatatkan 189 kematian per 100.000 penduduk. Angka ini yang terburuk di benua Amerika.

Sebagaimana India, kondisi rumah sakit di beberapa daerah di Brasil mulai diambang kolaps akibar kasus aktif tercatat lebih dari 1 juta orang.

Sementara itu, vaksinasi di negeri tersebut harus ditunda di beberapa daerah karena kekurangan stok vaksin. 

Orang yang paling dituding bertanggung jawab terhadap situasi itu adalah Presiden Jair Bolsonarom yang dianggap tidak peduli. 

Saat ini, Senat Brasil sedang menyelidiki kemungkinan menyeret Bolsonaro dan pemerintahan ke ranah pidana. Alasannya, karena meremehkan virus tersebut dan menolak tawaran melakukan vaksinasi. (yp)



#Brasil #covid-19

Komentar Anda
Komentar