Hello,

Reader

Tiga Kata Kunci Berpuasa
Tiga Kata Kunci Berpuasa

PUASA merupakan salah satu ibadah yang hanya diketahui oleh Allah dan orang yang mengerjakannya, berbeda dengan ibadah lainnya, seperti mengucapkan dua kalimah syahadat, sholat, berzakat dan berhaji bisa diketahui orang lain.

Hanya orang beriman yang dipanggil Allah untuk menjalankan perintah berpuasa Ramadhan agar menjadi orang yang bertaqwa yakni  derajat manusia yang paling mulia disisi Allah. “Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa di antara kamu.” (QS Al Hujurat: 13).

Ada tiga kata kunci dalam ayat popular dalam al Qur’an terkait dengan Ramadhan Surat al Baqarah:183, yakni:  1.orang beriman, 2.berpuasa Ramadhan dan 3. taqwa.

Ketika ada seseorang yang terhormat memanggil kita, pasti kita merasa bangga. Apalagi yang memanggil dan menyerukan sesuatu adalah Allah Yang Maha Agung:”Wahai orang-orang yang beriman”. Ketika kita mendengar sapaan yang indah itu   pasti kita akan bersungguh-sungguh menjalankan perintahNya,  bangkit sepenuh hati dan mengerjakan seruannya.
Rasulullah menjelaskan makna iman: “Iman adalah engkau mengimani Allah, mengimani Malaikat-Nya, mengimani Kitab-kitab-Nya, mengimani para Rasul-Nya, mengimani hari kiamat, mengimani qadha dan qadar, yang baik maupun yang buruk” (HR. Muslim).

Sutu ketika Umar bin Khattab sahabat Rasulullah bertanya kepada Ubay bin Ka’ab tentang taqwa. Ubay bin Ka’ab menjawab, “Bukankah Anda pernah melewati jalan yang penuh duri…?”  “Ya…”, jawab Umar bin Khattab.Kemudian Ubay bertanya: “Apa yang Anda lakukan saat itu…?”  “Saya akan berjalan dengan sungguh-sungguh dan berhati-hati sekali agar tak terkena dengan duri itu,” kata Umar bin Khattab.”Nah itulah taqwa” jawab Ubay bin Ka’ab.

Secara bahasa taqwa dari bahasa Arab artinya berhati-hati, waspada dan  takut terjerumus  maksiat. 
Semoga kita menjadi orang bertaqwa yang senantiasa mendekatkan diri, taat pada perintah dan yang dilarang oleh Allah dan Rasulullah. Wallohu a’lambishshawab.

(H Nuchasin M Soleh) 

**Telah tayang di rubrik Renungan pada media cetak Harian Terbit edisi Senin, 4 Mei 2021



#renunganterbit

Komentar Anda
Komentar