Berbau Politis, UEFA Minta Ukraina Revisi Desain Kostum
Jersey Ukraina di Piala Eropa 2020 (ist)
Berbau Politis, UEFA Minta Ukraina Revisi Desain Kostum

Nyon, HanTer - Tak ingin timbul polemik baru yang bisa merusak citra Piala Eropa 2020, UEFA selaku konfederasi tertinggi sepakbola benua biru meminta kepada Timnas Ukraina untuk merevisi jersey yang akan mereka kenakan dalam turnamen empat tahunan edisi kali ini. 

Sebagaimana diketahui, Timnas Ukraina merilis jersey yang akan dikenakan oleh tim asuhan Andriy Shevchenko di Piala Eropa. Namun, jersey yang mereka rilis beberapa waktu lalu menimbulkan kontroversi. Sebab, dalam jersey tersebut, terpampang sebuah peta negara tersebut yang menyulut kemarahan Rusia. 

Rusia sangat marah dan mengecam Ukraina bahkan menyurati secara resmi UEFA agar meminta kepada tetangganya itu untuk menghapus peta didalam jerseynya. Pasalnya, dalam peta tersebut, semenanjung Krimea yang diklai Rusia merupakan bagian wilayahnya, terpampang di peta itu. 

Dilansir BBC Sport, kemarin, meski belum ada pernyataan resmi, namun UEFA dilaporkan telah memberitahu federasi sepakbola Ukraina (UAF) untuk menghapus peta negara tersebut dalam jersey yang akan dikenakan di ajang Piala Eropa tahun ini lantaran memiliki makna politis.



#ukraina #jersey #krimea #uefa #rusia #pialaeropa