Suriah: Israel Adalah Entitas Jahat yang Menimbulkan Ancaman Besar Seperti Daesh
Ilustrasi agresi Israel di Timur Tengah
Suriah: Israel Adalah Entitas Jahat yang Menimbulkan Ancaman Besar Seperti Daesh

Jakarta, HanTer - Suriah mengatakan Israel adalah "entitas jahat" yang menimbulkan ancaman besar bagi perdamaian dan keamanan global, dan bahayanya tidak kurang dari kelompok teroris, termasuk Daesh.

Kementerian Luar Negeri Suriah dan Ekspatriat , di dua surat identik yang ditujukan kepada Sekretaris Jenderal Antonio Guterres PBB dan kepada Presiden Dewan Keamanan PBB Sven Jurgenson, memperingatkan tentang ancaman yang ditimbulkan oleh Israel terhadap Suriah dan negara-negara regional lainnya dan menyerukan aksi internasional.

“Suriah yakin bahwa orang-orang di negara-negara (regional) ini semua menyadari fakta bahwa Israel adalah entitas jahat bagi masyarakat internasional, dan itu menimbulkan ancaman bagi perdamaian serta keamanan internasional, dan bahayanya tidak kurang dari itu. dipersembahkan oleh Front Daesh dan al-Nusra," sekarang disebut Jabhat Fateh al-Sham Takfiri, surat-surat itu menyoroti.

Kementerian mendesak Dewan Keamanan untuk memikul tanggung jawabnya dalam kerangka Piagam PBB untuk mewajibkan rezim Tel Aviv untuk sepenuhnya menghormati ketentuan Perjanjian Pelepasan Pasukan 1974 dan untuk meminta pertanggungjawaban semua pihak yang mensponsori terorisme dan melancarkan serangan terhadap Suriah. tanah.

“Suriah menegaskan sekali lagi bahwa tindakan teroris Israel yang berulang terhadap Suriah dan negara-negara lain di kawasan itu, yang telah meningkat terutama dengan serangan gencar baru-baru ini di tanah Palestina yang diduduki, tidak akan mungkin terjadi tanpa dukungan dan perlindungan AS dan sekutu Baratnya. Pembenaran ilegal dan tidak jujur ​​​​mereka mendorong rezim Israel untuk melakukan agresi dan arogansinya,” kata kementerian luar negeri Suriah.

Kementerian menambahkan bahwa pasukan Israel melakukan tindakan agresi baru terhadap wilayah Suriah pada Selasa malam, ketika mereka meluncurkan "serangan rudal dari arah wilayah Lebanon, menargetkan wilayah tengah dan selatan di Suriah" dan seruan baru pada Keamanan PBB Dewan mengutuk serangan Israel berulang kali di wilayahnya, untuk mengambil tindakan segera dan tegas untuk menghentikan serangan semacam itu, dan meminta pertanggungjawaban rezim Tel Aviv.

“Agresi Israel bertepatan dengan tindakan teroris pengecut yang dilakukan di beberapa bagian Suriah. Agresi ini juga termasuk dalam kerangka kampanye propaganda sistematis yang dilancarkan oleh Amerika Serikat dan beberapa sekutu Baratnya,” bunyi surat itu.

Suriah menekankan bahwa serangan Israel di tanahnya tidak akan pernah gagal untuk memaksa Damaskus meninggalkan haknya untuk mengambil kembali Dataran Tinggi Golan yang diduduki sesuai dengan perbatasan pra-1967, dan di bawah resolusi internasional yang relevan, kementerian mencatat, menambahkan bahwa "langkah-langkah seperti itu ... tidak akan berhasil memisahkan pasukan tentara Suriah dari perjuangan mereka melawan terorisme Takfiri."

Kementerian juga mengutuk sanksi yang dijatuhkan pada Suriah oleh negara-negara Barat, dengan mengatakan, "Negara-negara ini bahkan telah memperburuk penderitaan rakyat Suriah dengan menjatuhkan sanksi yang tidak adil dan ilegal kepada mereka. rakyat dan kedaulatan dengan segala cara yang dijamin oleh Piagam PBB ditambah ketentuan-ketentuan hukum internasional.”

Kantor Berita Arab Suriah (SANA) resmi mengumumkan Selasa malam bahwa pertahanan udara Tentara Arab Suriah telah menghadapi tindakan agresi Israel yang diluncurkan dari wilayah udara Lebanon terhadap beberapa sasaran di wilayah tengah dan selatan dan menembak jatuh sejumlah tentara Israel. rudal di langit di atas ibukota Damaskus.

Israel sering menargetkan posisi militer di dalam Suriah, terutama gerakan perlawanan Hizbullah, yang telah memainkan peran kunci dalam membantu tentara Suriah dalam memerangi teroris yang didukung asing sejak 2011.

Rezim Tel Aviv kebanyakan diam tentang serangan di wilayah Suriah, yang banyak dilihat sebagai reaksi spontan terhadap keberhasilan pemerintah Suriah yang meningkat dalam menghadapi terorisme di wilayahnya.

Damaskus telah berulang kali mendesak PBB untuk mengutuk dan mengambil tindakan terhadap pelanggaran Israel terhadap kedaulatan Suriah.



#Suriah #palestina #Israel #teroris #daesh