Hello,

Reader

Sadis! Bocah 10 Tahun Tewas Dibakar Ibu Kandungnya
Ilustrasi (ist)
Sadis! Bocah 10 Tahun Tewas Dibakar Ibu Kandungnya

Sulut, HanTer - Sadis, Jessica Manonahas, bocah berusia 10 tahun dibakar ibu kadungnya sendiri, OS. Warga Desa Pintareng, Kabupaten Sangihe, Sulawesi Utara ini tewas di rumah sakit PICU Kandou Manado. Siswi kelas IV SD itu menderita luka bakar hingga 85% di sekujur tubuhnya. Luka bakar itu akibat disiram minyak tanah, kemudian dibakar oleh sang ibu.

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Rita Pranawati mengatakan alasan kesulitan ekonomi tidak membenarkan Jessica dari Desa Pintareng, Kabupaten Sangihe, Sulawesi Utara untuk disakiti, bahkan dibakar.

"Kondisi sulit orang tua seharusnya tidak menjadi alasan untuk melakukan kekerasan terhadap anak," kata Rita di Jakarta, Selasa (23/10).

Jessica sempat dirawat setelah mengalami luka bakar parah yang melanda sekujur tubuhnya. Adapun OS sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh kepolisian setempat.

Komisioner KPAI bidang Pengasuhan mengatakan anak bukanlah hak milik yang dapat diperlakukan sebagaimana barang. Anak mempunyai harkat martabat kemanusiaan yang wajib dilindungi dan dihormati.

KPAI, kata dia, mendorong proses hukum bagi oknum pelaku sesuai dengan ketentuan yang berlaku agar menjadi pelajaran bagi semua pihak.

Untuk menghindari kasus-kasus sejenis, lanjut dia, kepedulian tetangga menjadi salah satu kunci perlindungan anak.

Rita mengatakan, meninggalnya J pertanda bangsa kembali kehilangan warga kecilnya. KPAI menyesalkan masih terjadinya kasus kekerasan yang dilakukan oleh orang tuanya sendiri sebagai penanggung jawab utama pengasuhan.


#Kekerasan #Anak

Komentar Anda
Komentar