Hello,

Reader

Diduga Terkait Kasus Ratna Sarumpet, Polisi Diminta Periksa Fadli Zon
Presidium Forum Mahasiswa Anti Hoax (Formah), Ismail Marasabessy saat berunjuk rasa di depan Markas Besar Polri, Rabu (24/10/2018).
Diduga Terkait Kasus Ratna Sarumpet, Polisi Diminta Periksa Fadli Zon

Jakarta, HanTer - Aparat kepolisian diminta memeriksa Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon dalam kaitan dugaan penyebaran informasi hoaks, atau berita bohong penganiayaan Ratna Sarumpaet.

Hal ini lantaran, Fadli dinilai memiliki peran dalam perkara penyebaran kabar bohong tersebut.

"Kita minta polisi segera memeriksa Fadli Zon dalam kasus tersebut," ujar Presidium Forum Mahasiswa Anti Hoax (Formah), Ismail Marasabessy saat berunjuk rasa di depan Markas Besar Polri, Rabu (24/10/2018).

Fadli dinilai terkait, lantaran sejumlah perannya dalam kasus Ratna. Terutama saat politisi Gerindra itu menyebarluaskan informasi melalui akun Twitter-nya, @fadlizon, jika ibunda Atiqah Hasiholan menjadi korban penganiayaan oleh 2-3 orang.

"Fadli juga mengaku telah bertemu dengan Ratna dua kali setelah kabar penganiayaan itu," bebernya.

Selain Fadli, mantan artis Rachel Maryam dan pengacara Ratna, Samuel Lengkey, juga diminta Formah agar diperiksa petugas. Tujuannya untuk mengetahui secara mendalam peran mereka.

Lebih lanjut, menurut Ismail, pihaknya juga berharap kepolisian menetapkan Amien Rais sebagai tersangka. Terutama apabila ditemukan bukti yang kuat, jika politisi senior itu terlibat dalam penyebaran dugaan informasi hoaks penganiayaan Ratna.

"Jika ditemukan bukti-bukti keterlibatan dalam penyebaran informasi hoaks Ratna Sarumpaet, beliau layak ditetapkan sebagai tersangka. Terutama melanggar Undang-undang ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik) atau KUHP, pasal tentang ikut serta dalam dugaan tindak pidana," paparnya.

Ismail menambahkan, sebagai kaum intelektual dan seorang tokoh, baik Amien, Fadli maupun Rachel, seharusnya berhati-hati dalam menyampaikan pesan ke masyarakat. Sebab salah-salah, informasi yang disampaikan justru menimbulkan konflik horizontal. Atas itu Formah meminta kasus ini diusut secara tuntas, termasuk mencari aktor utama, sehingga peristiwa serupa tak terjadi lagi di kemudian hari.

"Karena itu tidak ada alasan jika mereka juga merupakan korban. Seharusnya sebagai elit politik, ketika mendapat informasi itu, langsung melakukan penelusuran lebih dahulu. Bukan malah menggelar konferensi pers, atau menyampaikan pernyataan ke publik," pungkasnya.


#FadliZon #RatnaSarumpaet #Hoaks

Komentar Anda
Komentar