Hello,

Reader

Menagih Janji Peluncuran Mobil Esemka
Jokowi dan mobil Esemka
Menagih Janji Peluncuran Mobil Esemka

Jakarta, HanTer – Setelah sekian lama disebut-sebut, hingga saat ini proyek mobil nasional  (Esemka) tak juga diluncurkan. Padahal, sebelumnya  Calon Wakil Presiden nomor urut 01, Ma’ruf Amin menyatakan Esemka siap diluncurkan pada bulan Oktober 2018. Publik menagih janji mobil nasional tersebut.

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menyindir calon wakil presiden Ma'ruf Amin yang menyatakan mobil Esemka siap diluncurkan Oktober 2018.

Namun, hingga kini mobil yang pernah dipakai Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai kendaraan dinas saat menjadi Wali Kota Solo belum juga diperkenalkan kepada masyarakat.

Anggota Direktur Advokasi dan Hukum Prabowo-Sandi, Ferdinand Hutahaean menyebut apa yang disampaikan Ma'ruf soal peluncuran mobil Esemka di bulan ini tak terbukti. Pun demikian dengan Jokowi yang tidak mau jujur soal mobil Esemka yang pernah dibanggakan saat Pilpres 2014 lalu.

"Pak Ma'ruf menyampaikan informasi yang tidak valid alias hoaks. Jokowi juga tidak mau jujur tentang Esemka ini," katanya di Jakarta, Kamis (1/11/2018).

Politikus Partai Demokrat itu menyerahkan kepada masyarakat untuk menilai Jokowi-Ma'ruf soal mobil Esemka.

Sebelumnya, Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebut Esemka akan diluncurkan pada Oktober 2018.

"Bulan Oktober nanti akan diluncurkan mobil nasional bernama Esemka, yang dulu pernah dirintis oleh Pak Jokowi. Akan diproduksi besar-besaran," kata Ma'ruf Amin di Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris), Jember, Kamis, (27/9/2018) silam.

Sementara Jokowi, saat dimintai komentar tentang Esemka, menjawab santai. Menurut dia, mobil Esemka bukan urusan pemerintah. Tugas pemerintah hanya mendorong agar mobil tersebut segera uji emisi dan laik jalan.

"Setelah jadi, ya, diserahkan kepada industri. Mau diproduksi atau tidak produksi, ya bukan urusan kami lagi," kata Jokowi di Indonesia Convention Exhibition, BSD, Tangerang, Rabu, (24/10/2018) lalu.

Siap Lanjutkan

Jika pencalonannya bersama Prabowo Subianto mulus menjadi orang nomor dua di negeri ini, Sandiaga Uno mengaku akan meneruskan cita-cita mobil nasional, dengan bekerjasama dengan industri yang sudah mapan.

Saat safari politiknya ke wilayah Kabupaten Tangerang, Sandiaga sangat berharap dengan kehadiran mobil Esemka yang digaung-gaungkan Presiden Joko Widodo.

"Kita akan dorong hadirkan mobil Esemka tentunya akan bekerjasama, karenakan dominasi industri otomotif ini kan masih di perusahaan patungan seperti Astra juga ada beberapa industri lain, Indo Mobil dan banyak produk-produk Jepang," kata dia di Kabupaten Tangerang, Kamis (1/11/2018).

Menurutnya, dengan kerjasama yang dilakukan dengan produsen mobil yang sudah mapan, Indonesia akan mampu menciptakan sendiri mobil masa depan yang ramah lingkungan dan terjangkau.

Sandiaga sekaligus berjanji siap menjadi pembeli pertama mobil Esemka yang rencananya akan segera diluncurkan. "Kita akan sangat menunggu dan insya Allah akan jadi pembeli pertama nanti," kata Sandi.

Dirinya juga sangat mendukung kehadiran mobil nasional Esemka itu, agar bisa memberi efek manfaat besar dalam kehidupan ekonomi masyarakat. Ia mengingatkan, masyarakat untuk berprasangka baik, terhadap rencana pemerintah dengan peluncuran mobil tersebut.

"Mobil dengan teknologi tinggi ini sudah ditunggu 5 tahun, karena kemarin kan Pilpres 2014 akan dilaunching dan sekarang Pilpres 2019 akan dilaunching, kita akan sangat menunggu dan insya Allah saya akan menjadi pembeli pertama," ucap Sandi.


#Esemka #Jokowi

Komentar Anda
Komentar