Hello,

Reader

Intip Serunya Jakarta Night Ride
Ratusan pesepeda komunitas berkumpul di venue Velodrome Rawamangun usai mengikuti Jakarta Night Ride dari Patung Kuda Monumen Nasional (Monas), Jakarta Timur, Jumat malam (2/11/2018).
Intip Serunya Jakarta Night Ride

Jakarta, HanTer- Bertempat di area hall Venue Veldrome Rawamangun, Ratusan pesepeda dari berbagai komunitas berkumpul dalam acara Jakarta Nigh Ride, Jumat malam, (2/11/2018)

Para pesepada ini menempuh jarak sejauh 13 Kilometer melewati area patung kuda Monumen Nasional Jakarta Pusat, hingga Jakarta Intenational Velodrome Jakarta Timur, dengan menggunakan berbagai macam jenis sepeda.

Salah satu anggota Bike 2 Work, Fonna menyebutkan pihaknya menjadi bagian dari inisiatif “Indonesia Bersepeda” dengan mendukung bersepeda yang beradab di ibukota Jakarta, melalui momen kolaborasi setiap Jumat malam bagi para pengguna sepeda lintas genre.  

"Selama ini pesepeda masih dianggap sebelah mata sebagai moda transportasi, kita ingin menyuarakan bahwa bersepeda itu cermin perubahan menuju kota yang lebih sehat, menjauhkan kita dari penyakit, termasuk penyakit macet," ujar Fonna di area flag Velodrome.

Ia menyebutkan bersepeda tidak hanya untuk ketika berangkat bekerja saja, namun juga bisa diterapkan dalam berbagai kegiatan lainnya seperti saat hendak berbelanja, pergi ke mal ataupun tempat wisata lainnya.

"Indonesia Bersepeda kompak berjalan sepekan sekali di Bandung, Surabaya, Solo, Yogyakarta, Lampung, menyusul Purwodadi, dan Banyuwangi. Di Jakarta, malam ini mulai dalam pola rutin, jadi harapannya terus berkelanjutan terkoneksi lintas kota," tambahnya.

Animo masyarakat penggemar sepeda juga terlihat dengan hadirnya setidaknya 280 orang pesepeda yang menghadiri acara perdana itu meski awalnya yang mendaftar hanya sekitar 100 orang.

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Dwi Wahyu Daryoto menyebutkan pihaknya memfasilitasi untuk menghidupkan fungsi ruang publik dan menjadikan Jakarta International Velodrome (JIV) sebagai icon komunitas sepeda di ibukota.  

Sebagaimana diketahui, JIV didedikasikan untuk Asian Games 2018 mengantongi sertifikat standar internasional dari UCI (Union Cycliste Internationale).  Fasilitas plaza JIV menjadi ruang publik baru yang dikelola Jakpro dengan karakter ramah lingkungan.

"Dengan kegiatan ini, mulai dari mereka yang sepeda bekas sampai yang mahal sekalipun bisa bersatu untuk menikmati hobi ini. Tidak lupa kami mengajak para komunitas pesepeda untuk jadi agen perubahan: tertib lalu lintas, berbagi jalan, pengurangan sampah dan menjaga keindahan venue," kata Dwi.

Dengan konsep city for human, Jakpro terus mendukung mobilitas yang mengurangi polusi udara seperti bersepeda, transportasi publik termasuk LRT Jakarta yang dikelola Jakpro Group.

Salah satu peserta, Titin (30) warga Grogol Jakarta Barat mengaku senang dengan adanya Jakarta Night Ride. "Bisa memfasilitasi hobi para pesepeda di Jakarta," kata Titin. Burni (54) pesepeda dari Duren Sawit menyebutkan dengan kehadiran JNR bisa menghidupkan kembali gaya hidup sehat ditengah kesibukan dan padatnya ibukota. 


#Veldrome #JakPro

Komentar Anda
Komentar