Hello,

Reader

Bisnis Rumahan Ini Bisa Jadi Inspirasi Memulai Usaha
Bisnis Rumahan Ini Bisa Jadi Inspirasi Memulai Usaha

Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa memiliki pemasukan tanpa harus bekerja kantoran adalah hal yang menyenangkan. Hal tersebut tidak salah, karena memiliki bisnis sendiri tentu membuat Anda tidak terikat dengan perjanjian kerja, tidak harus rutin berangkat ke kantor, bahkan bisa mengelola usaha tersebut dari rumah. Artinya, akan lebih banyak waktu bersama keluarga. Nah, ide bisnis rumahan ini mungkin bisa jadi inspirasi Anda yang ingin memulai usaha baru:

Kuliner Kue

Menjalankan hobi dan mendapatkan penghasilan tambahan darinya pasti sangat menyenangkan, ya. Seperti misalnya Anda yang hobi membuat kue. Tidak hanya kue kering, tetapi juga kue basa seperti keik, bolu, brownies, dan semacamnya. Tak butuh modal besar kok, tetapi pendapatan yang akan Anda peroleh terbilang menjanjikan.

Memang, bisnis kuliner kue akan sangat menguntungkan pada momen tertentu, seperti misalnya saat lebaran, arisan, hingga tasyakuran. Membuat beragam jenis kue memang melelahkan, tetapi akan sangat menyenangkan karena Anda bisa melakukannya di rumah tanpa perlu repot harus bepergian.

Katering

Selain kue, ide bisnis rumahan lain yang bisa Anda coba adalah dengan membuka katering. Ibu rumah tangga umumnya pandai memasak, dan bisnis ini bisa menjadi aktivitas pengisi waktu luang yang menyenangkan, pun mendapatkan pemasukan.

Memang, pelaku bisnis kuliner telah begitu menjamur. Oleh karena itulah Anda perlu menghadirkan keunikan, agar usaha yang Anda miliki mendapatkan perhatian penuh oleh konsumen. Ingin mencoba tetapi tidak punya keahlian memasak? Jangan cemas, Anda bisa tetap berbisnis kuliner dengan cara franchise.

Berjualan Online

Pesatnya perkembangan internet seharusnya bisa menjadi peluang terbaik untuk membuka bisnis, terutama bisnis berbasis online. Pasalnya, lebih dari 50 persen waktu masyarakat atau pengguna internet digunakan untuk membuka laman sosial media, dan ini akan menjadi sarana pemasaran yang sangat menguntungkan.

Tidak butuh modal yang besar seperti ketika membuka usaha secara offline, Anda bisa menjadi reseller dan menjual produk dengan memanfaatkan akun media sosial yang Anda miliki, terutama Facebook dan Instagram. Namun, pastikan Anda aktif dalam berinteraksi untuk meningkatkan kepercayaan calon konsumen.

Jasa Laundry

Ide bisnis rumahan jasa laundry biasanya banyak didirikan di area sekitar kampus atau gedung perkantoran, dengan target berupa mahasiswa atau karyawan kantoran. Umumnya, kesibukan membuat karyawan tidak sempat untuk melakukan pekerjaan harian seperti mencuci baju, dan jasa laundry akan sangat diperlukan.

Meski begitu, bisnis laundry membutuhkan modal yang terbilang cukup besar, bergantung pada jumlah mesin cuci yang akan Anda beli. Oleh karena itu, Anda perlu membuat perencanaan usaha sebaik mungkin sebelum benar-benar menggelutinya.

Usaha Jahit Pakaian

Tidak hanya bisnis laundry, jasa jahit pakaian pun menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan. Meski terbilang kuno, jasa jahit pakaian masih dibutuhkan hingga kini. Usaha ini sangat dibutuhkan untuk membuat pakaian baru dan mengecilkan ukuran pakaian. Salah satu jasa jahit pakaian yang terbilang unik adalah vermak celana jins.

Vermak merupakan usaha jahit yang dikhususkan untuk pakaian berbahan dasar jins. Uniknya, usaha ini tidak hanya bisa dilakukan di rumah, tetapi juga dengan berkeliling. Pasti Anda pernah menemukan para ahli vermak berjajar di tepi jalan di bawah pohon rindang. Selain menghilangkan suntuk, berkeliling menawarkan usaha ini akan membuat Anda mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Toko Kelontong

Terakhir adalah bisnis toko kelontong. Meski banyak minimarket didirikan, nyatanya usaha kelontong masih saja menjamur. Tak mengherankan, karena harga barang yang dijual cenderung lebih murah dibandingkan dengan minimarket, meski kadang tidak lengkap. Namun, Anda perlu hati-hati dalam menggeluti bisnis ini, karena maraknya penipuan berkedok supplier.

Itu tadi beberapa ide bisnis rumahan yang bisa menjadi inspirasi Anda untuk mendapatkan penghasilan tambahan demi bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga. Apapun jenis usaha rumahan yang akan dijalani, Anda tetap perlu pandai mencari peluang untuk menciptakan keunikan baru. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui strategi bisnis terbaik untuk usaha yang akan dijalankan. Semoga bermanfaat.

 


#bisnis #usaha #enterpreneur

Komentar Anda
Komentar