Hello,

Reader

Sitem Rujukan Online BPJS Kesehatan Jakut Memasuki Fase Transisi dan Evaluasi
Ilustrasi pelayanan BPJS kesehatan
Sitem Rujukan Online BPJS Kesehatan Jakut Memasuki Fase Transisi dan Evaluasi

Jakarta, HanTer - Sistem penerapan rujukan online dalam program Jaminan Kesehatan Nasional- Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan Jakarta Utara (Jakut) yang telah rampung di uji coba pada beberapa Rumah Sakit, mulai memasuki fase transisi dan evaluasi yang di mulai pada bulan November 2018.

Dalam masa transisi dan evaluasi sistem rujukan online, BPJS Kesehatan Jakut dan beberapa pihak terkait seperti, Kementrian Kesehatan serta Ikatan Dokter Indonesia akan mengawal jalan nya perbaikan sistem rujukan online.

Kepala BPJS Kesehatan cabang Jakarta Utara Elisa Adam mengatakan, uji coba sebelumnya sudah dilakukan selama lebih dari dua bulan, dan berakhir pada bukan Oktober kemarin.

"Selama masa transisi dan evaluasi ini, proses rujukan tetap dilakukan secara online. diharapkan dalam fase transisi dan evaluasi ini, penerapan rujukan online semakin kuat dan sempurna" Ujar Elisa Adam, Kamis 8/11/2018.

Lebih lanjut Elisa menyampaikan, kedepan nya akan ada evaluasi nasional uji coba rujukan online yang akan melibatkan pemangku kepentingan terkait. Serta prioritas perbaikan sistem meliputi pembenahan kapasitas dan mapping fasilitas kesehatan (Faskes).

"Jadi nanti cabang akan melihat mapping faskes yang telah dilakukan, cek ke rumah sakit apa ada penumpukan (pasien) untuk tipe C dan tipe D nggak. Dalam fase ini prioritas pengguna fasilitas dan mapping" Lanjutnya.

Selain itu, ketidaksesuaian mapping fasilitas kesehatan juga masih terjadi selama uji coba dan pihak BPJS Kesehatan Jakut mengatakan langsung memperbaiki sistem yang masih ada kendala.

“Tapi kendala seperti itu di sini nggak banyak yah. Memang masih ada sedikit kesalahan tapi nggak sampai yang signifikan, Dengan adanya rujukan online bisa ketahuan dari aplikasi mana rumah sakit yang sesuai kebutuhan pasien" Tukasnya.


#BPJS #Kesehatan

Komentar Anda
Komentar