Hello,

Reader

Prabowo-Sandi Janjikan Harga  Pangan Murah dan Lapangan Kerja
Prabowo-Sandiaga
Prabowo-Sandi Janjikan Harga  Pangan Murah dan Lapangan Kerja

Jakarta, HanTer - Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres dan Cawapres) nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, menyatakan akan fokus pada isu di bidang ekonomi dalam membangun Indonesia. Adapun beberapa poin yang akan menjadi objek utama antara lain lapangan pekerjaan, stabilitas harga pangan, dan pertumbuhan ekonomi.

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira Adhinegara, menganggap tepat jika Prabowo-Sandiaga benar-benar fokus pada isu lapangan pekerjaan, harga pangan, serta pertumbuhan ekonomi.  Menurutnya, ketiga isu terkait program tersebut berpotensi ampuh menggaet perhatian masyarakat khususnya soal harga pangan dan lapangan pekerjaan.

"Tiga isu ekonomi itu untuk kampanye cukup kena di kalangan menengah ke bawah," ujar Bhima di Jakarta, Jumat (16/11/2018).

Mengenai lapangan pekerjaan, Bhima juga tidak kaget jika Prabowo-Sandiaga akan memainkan isu tersebut. Dia menjelaskan bahwa lapangan pekerjaan tidak lepas dari daya beli masyarakat.

Prabowo-Sandiaga, lanjut Bhima, kemungkinan besar bakal menyerang pemerintah Jokowi yang tidak dapat menyediakan lapangan pekerjaan dalam jumlah besar. Akibatnya, daya beli masyarakat tidak meningkat lantaran pendapatan yang cenderung stagnan. "Sehingga daya belinya tergerus," imbuh Bhima.

Isu Ekonomi

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono menyatakan bahwa Prabowo Subianto-Sandiaga Uno bakal fokus pada isu di bidang ekonomi dalam Pilpres 2019. Beberapa poin yang akan menjadi objek utama antara lain lapangan pekerjaan, stabilitas harga pangan, dan pertumbuhan ekonomi.

Ferry mengatakan ketiga aspek tersebut merupakan titik lemah pemerintahan Joko Widodo dalam 4 tahun terakhir. Lapangan pekerjaan minim, harga pangan cenderung sangat fluktuatif, dan pertumbuhan ekonomi 8 persen juga tidak tercapai. 

"Rakyat sudah tahu itu semua enggak tercapai oleh pemerintahan sekarang," ujar Ferry di Jakarta, Jumat (16/11/2018).

36 Program

Untuk Diketahui, Capres-Cawapres nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga memiliki tema visi misi 'Empat Pilar Mensejahterakan Indonesia'. Yakni; 'Terwujudnya Bangsa dan Negara Republik Indonesia yang adil, makmur, bermartabat, relijius, berdaulat, berdiri di atas kaki sendiri di bidang ekonomi, dan berkepribadian nasional yang kuat di bidang budaya serta menjamin kehidupan yang rukun antarwarga negara tanpa memandang suku, agama, ras, latar belakang etnis dan sosial berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.'

Setidaknya ada 5 misi khusus yang diusung Prabowo dan Sandi. Dalam 5 misi khusus, salah satunya adalah misi di bidang ekonomi yang terdiri dari 36 program aksi bidang ekonomi. 36 program aksi bidang ekonomi Prabowo-Sandi ini membahas berbagai hal dari kebocoran ekonomi hingga masalah taksi online.

Dari 36 program aksi bidang ekonomi Prabowo-Sandiaga itu antara lain, penyusunan anggaran pro-rakyat, kebijakan ekonomi pro-penciptaan lapangan kerja, kebijakan fiskal yang pro daya beli masyarakat, kebijakan subsidi yang mendorong kemampuan produksi, kebijakan menjadi harga yang terjangkau dan stabil serta pembangunan infrastruktur pertanian dan pedesaan yang mendukung berkembangnya sektor produktif.

Selain itu, menghentikan kebijakan outsourcing yang merugikan pekerja, mengutamakan tenaga kerja lokal dibanding tenaga kerja asing dalam pembukaan lapangan pekerjaan baru. Meningkatkan daya beli masyarakat dengan menaikkan batas Pendapatan Tidak Kena Pajak (PTKP) dan menurunkan PPH21.

Juga menghentikan praktik berutang yang tidak sehat dan tidak produktif, seperti berutang untuk bayar bunga utang, dan berutang untuk membayar biaya rutin. Utang baru hanya bisa ditolerir jika berbasis pada pembiayaan proyek pembangunan yang spesifik yang membuka lapangan kerja seluas-luasnya. 


#PrabowoSandiaga #Prabowo

Komentar Anda
Komentar