Hello,

Reader

RS Budi Kemuliaan Gelar Seminar Kenali dan Kendalikan Faktor Resiko Jantung Koroner
Suasana seminar di RS Budi Kemuliaan/ ist
RS Budi Kemuliaan Gelar Seminar Kenali dan Kendalikan Faktor Resiko Jantung Koroner

Jakarta, HanTer - Lebih baik mencegah daripada mengobati, pepatah itu sepertinya tepat bagi orang sehat. Namun, jika sudah terlanjut terjangkit suatu penyakit, sebaiknya mulai memperhatikan pola hidup sehat dan seimbang.

Beranjak dari itu, Rumah Sakit Budi Kemuliaan menggelar seminar awam bertajuk Kenali dan Kendalikan Faktor Resiko Jantung Koroner di Aula Lantai 7 Jakarta Pusat, pekan lalu.

Tiga pembicara yang dihadirkan adalah dr Arief Pattiha, Sp PD (dokter spesialis penyakit dalam), dr Susetyo Atmojo, Sp JP (dokter spesialis jantung) dan dr Ingka Nilawardhani, Sp GK (dokter spesialis gizi).
Dalam paparannya, dr Arief Patthiha mengatakan bagi yang sudah terkena penyakit jantung koroner sebenarnya bisa dikendalikan dengan berbagai cara. 

Diantaranya, lakukan periksa rutin ke dokter atau rumah sakit, pengobatan tepat dan teratur, tetap diet dengan gizi seimbang, upayakan aktifitas fisik dengan aman dan hindari asap rokok, alkohol dan zat karsinogenik lainnya.“Jika hal tersebut bisa dijalankan dengan baik dan teratur, bagi penederita jantung korener tak perlu khawatir,” kata dr Arief.

Ditambahkan doketr Arief, bagi menemukan seseorang yang tiba-tiba terkenang serangan jantung, penangananya tak boleh panik. Langkah pertama bisa membaringkan orang yang kena serangan jantung tersebut  secara benar, langsung telepon pihak medis untuk minta pertolongan dan hindari gerekan berlebih yang membuat pasien tambah panik.  

“Pokoknya dalam menghadapi seseorang yang terkenang serangan jantung mendadak, si penolong juga harus tenang,” tambahnya. 

Sedangkan, dr Ingka Nilawardhani menambahkan asupan pola makan sehat seimbang sangat dibutuhkan bagi seseorang yang menderita penyakit jantung. “Kalau dulu ada anjuran 4 sehat 5 sempurna, nah yang ini justru pola makan sehat seimbang,” katanya.

Pola makan yang dibutuhkan, kata dr Ingka, diantaranya, sayur, buah, ikan, daging rendah lemak dan susu bebas lemak. “Boleh saja mengonsumsi lemak, tapi tak boleh berlebih,” tambahnya.



#RS #Budi #Kemuliaan #Seminar #Jantung #Koroner

Komentar Anda
Komentar