Hello,

Reader

Cinta Tanah Air, LMP DKI dan Kesbangpol DKI Gelar Seminar Bela Negara
LMP DKI usai seminar Bela Negara/ ist
Cinta Tanah Air, LMP DKI dan Kesbangpol DKI Gelar Seminar Bela Negara

Jakarta, HanTer - Anggota Laskar Merah Putih DKI diimbau untuk terus meningkatkan kesadaran bela negara yang dilandasi oleh rasa cinta tanah air dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Demikian disampaikan Plt. Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DKI Jakarta, Drs. Taufan Bakri  dalam acara Reorientasi Bela Negara di Era Demokrasi “Peran Organisasi Dalam Konsep Bela Negara Penguatan Persatuan dan Kesatuan” di Hotel SmartHomm, Pademangan, Jakarta Utara, Kamis (20/12/2018).   

Menurut Taufan, Bela Negara ini bukan wajib militer, akan tetapi Bela Negara adalah sikap dan perilaku warga Negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan Negara yang seutuhnya. 

Dalam prakteknya setiap warga Negara tidak boleh bertentangan dengan ideologi negara yaitu ideologi Pancasila. Seperti diketahui bersama bahwa di dalam berbagai media cetak maupun elektronik sering terjadi anak bangsa yang berkeinginan untuk berkiblat di luar ideology Pancasila dan menghendaki NKRI hancur.

Kegiatan yang diadakan LMP DKI dan bekerjasama dengan Bakesbangpol DKI Jakarta ini guna meningkatkan  pemahaman anggota LMP DKI  tentang pentingnya  kesadaran bela negara, dengan tujuan agar nilai nilai bela negara menjadi landasan sikap dan perilaku dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. 

Selanjutnya  melalui kegiatan  ini,  diharapkan akan lahir penyebarluasan kesadaran bela negara yang berasal  dari para tokoh masyarakat, mahasiswa, pemuda dan kader bela negara itu sendiri.

Ratusan anggota LMP DKI yang hadir tidak hanya menjadi panutan, tetap juga berperan penting sebagai agen perubah sekaligus garda terdepan dalam turut menumbuh kembangkan semangat dan kesadaran bela negara kepada masyarakat.
Taufan mencontohkan, bentuk kepedulian negara itu dapat berupa membantu saudara saudara yang mengalami bencana atau menghasilkan  karya budaya yang tinggi. Hidup rukun dan saling menghormati, menghargai,  membayar pajak dan sebagainya.

Di bidang keamanan, Bela Negara dapat dilakukan dengan ikut mejaga keamanan lingkungan, agar aman dan tertib sehingga lingkungan menjadi  tenang dan damai. Misalnya mewaspadai para teroris yang tinggal di lingkungannya atau para pengedar narkoba dengan melaporkankan kepada yang berwajib.

AKBP Sri Wardiningsih, Direktorat Pembinaan Masyarakat (Dit Binmas) Polda Metro Jaya, yang juga hadir dalam acara ini   menyampaikan   imbauan kepada anggota Laskar Merah Putih (LMP) DKI agar tidak menggunakan narkoba, melakukan tindakan anarkis dan tawuran.

Anggota LMP DKI sebagai mitra Polri haruslah menciptakan ketertiban, kerukunan, dan keamanan di tengah masyarakat. Hal ini merupakan wujud dari sikap bela negara yang dilandasi rasa cinta tanah air. "Laskar Merah Putih DKI adalah mitra Polri. Karena itu terorisme, radikalisme dan tawuran harus bisa kita hindari. Ciptakan kerukunan, ketertiban dan keamanan di tengah masyarakat,” katanya.

Ia menambahkan ancaman bahaya narkoba akan selalu menjadi perhatian serius Polda Metro Jaya. "Untuk itu, penyuluhan ke segenap lapisan masyarakat terus dilakukan," katanya. 

Sebagai catatan, Indonesia menjadi pasar potensial peredaran narkoba jaringan internasional. Sehingga dibutuhkan model pertahanan masyarakat yang kuat. "Laskar Merah Putih khususnya DKI Jakarta diharapkan dapat menjadi mitra strategis bagi Kepolisian untuk menangkal peredaran narkoba di tengah masyarakat,” ungkapnya. 

H. Agus Salim, SE, Ketua Markas Daerah Laskar Merah Putih DKI Jakarta sangat mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan ini semakin meningkatkan kesadaran dan rasa tanggung jawab kepada anggota LMP dalam mewujudkan sikap bela negara dalam kehidupan sehari-hari. 

Ia menghimbau kepada ribuan  anggota LMP DKI di setiap Markas Cabang, Markas Anak Cabang, hingga Ranting yang ada di wilayah DKI Jakarta untuk aktif membantu Polri dalam menciptakan ketertiban dan kerukunan di tengah masyarakat.

“Anggota LMP DKI sebagai mitra Polri selalu siap membantu program-program Polri di tengah masyarakat. Terutama dalam hal mencegah tawuran, terorisme, dan peredaran narkoba,” ungkapnya.



#LMP #DKI #Seminar #Bela #Negara

Komentar Anda
Komentar