Motif Baku Tembak Intel TNI AL dan Polisi Reserse dan Narkoba Polres Jaktim Masih Misteri

Motif Baku Tembak Intel TNI AL dan Polisi Reserse dan Narkoba Polres Jaktim Masih Misteri


Jakarta, HanTer - Aksi saling tembak menembak antara TNI AL dan Polisi dari unit Reserse dan Narkoba Polres Jakarta Timur masih menimbulkan tanda tanya di kalangan masyarakat. Apa yang sesungguhnya terjadi pada Selasa (1/3/2016) malam di dekat lokasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) itu.

Pengamat kepolisian Bambang Widodo Umar mengatakan jangan sampai aparat di lapangan melakukan tindakan yang salah sehingga dianggap bakal melakukan tindakan sewenang-wenang.

"Polisi juga jangan sampai bertindak berlebihan, harus ada etikanya. Protap kepolisian harus dijalankan pada siapa pun yang mungkin akan ditindak atau ditangkap," ujar Bambang kepada Harian Terbit di Jakarta, Rabu (2/2/2016).

Menurut Bambang menjalankan protap saat hendak melakukan tindakan adalah wajib. "Kalau, ini kalau memang sudah dijalankan protap itu, berarti ada yang salah. TNI boleh waspada tapi tidak boleh jugaberlebihan. Kalau merasa tidak bersalah ya tidak perlu lari apalagi sampai mengeluarkan tembakan," beber Bambang.

Diingatkannya jika pada saat itu sampai ada anggota polisi yang tewas, tentu bisa menjadi masalah besar. "Kalau jatuh korban dari pihak polisi kan bahaya, (anggota) TNI AL itu itu harus bertanggung jawab. Apabila memang tidak bersalah misalnya saat razia kendaraan surat-surat lengkap maka untuk apa harus lari," ucapnya.

Selain itu jika memang ada polisi yang menyalahi prosedur, tidak ada etikanya maka boleh langsung di laporkan kepada pimpinan.

"Saat melakukan tindakan, jika ada polisi bertindak kasar tak pakai etika? Silahkan TNI melaporkan kepada pimpinan satuannya, itu kan pasti diambil tindakan," pungkas Bambang.

Kronologis

(Danial/Anu)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com