Pemkot Bekasi Bentuk Majelis Umat Hingga ke Tingkat Dasar

Pemkot Bekasi Bentuk Majelis Umat Hingga ke Tingkat Dasar

Bekasi, HanTer - Sebagai upaya menjaga kerukunan hidup antarumat beragama, pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, berencana membentuk Majelis Umat dari tingkat kecamatan hingga ke tingkat RT/RW.
 
Hal tersebut diungkapkan oleh Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Sabtu (16/4/2016), dimana Majelis Umat itu berisikan perwakilan dari enam agama yang diakui pemerintah Indonesia. "Majelis tersebut bertugas mensosialisasikan ketentuan dan interaksi pemahaman keyakinan masing-masing pemeluk agama," tutur Rahmat Effendi.
 
Rahmat menambahkan jika Majelis Umat tersebut juga merupakan kepanjangan tangan dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bekasi. "Majelis Umat memiliki peran layaknya FKUB, namun lebih spesifik hingga ke tingkat RT/RW dalam rangka menjaga interaksi antarumat beragama agar tetap kondusif," katanya.
 
Pria asli Bekasi berusia 52 tahun itu mencatat bahwasanya komposisi warga Kota Bekasi berdasarkan agama terdiri atas Islam sebanyak 2 juta jiwa, Kristen Protestan 195 ribu jiwa, Katolik 65 ribu jiwa, Hindu 4.700 jiwa, Buddha 12 ribu jiwa, dan Konghucu 196 jiwa. Selain itu ada 1.500 jiwa penganut aliran kepercayaan.
 
"Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) telah memasukkan Kota Bekasi sebagai kota besar keenam terburuk dalam hal kerukunan umat beragama," katanya.
 
Menurut Wali Kota yang menjabat sejak 3 Mei 2012 lalu itu, kehadiran Majelis Umat di tingkat kecamatan, kelurahan, RW hingga RT di Kota Bekasi dalam rangka menjawab hal tersebut. Bahkan ayah dari empat orang anak ini menargetkan Majelis Umat sudah dapat bekerja pada pertengahan 2016 di seluruh wilayah Kota Bekasi.
 
"Monitoring kerukunan dapat lebih mudah dilakukan hingga ke tingkat dasar," pungkas suami dari Gunarti Rahmat Effendi itu.

(Hermansyah)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com