Adi Kurnia Beri Apresiasi Terkait Terobosan Anies-Sandi Soal UMP

Adi Kurnia Beri Apresiasi Terkait Terobosan Anies-Sandi Soal UMP


Jakarta, HanTer - Penetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) tahun 2018 sebesar Rp 3.648.035 plus layanan gratis naik Transjakarta dan subsidi bahan pokok bagi buruh yang bekerja di ibukota, mendapat respon positif dari publik.
 
"Walau baru dua pekan menjabat, Anies Baswedan-Sandiaga Uno sudah memberikan terobosan bsgus terkait UMP dan program pro buruh," kata Ketua DPC Partai Gerindra Jakarta Timur, Adi Kurnia Setiadi melalui pesan elektroniknya, Kamis (2/11/2017).
 
Adi juga mengapresiasi keputusan Anies yang menaikan nominal UMP sekitar 8,71 persen dari tahun sebelumnya sekitar Rp 3.350.750.
 
Adi menilai kenaikan UMP tersebut sesuai dengan kesepakatan bersama antara Pemprov dengan pengusaha dan perwakilan pekerja.
 
"Nilai UMP yang diteken gubernur aya kira jalan tengah yang wajar," ujar Adi.
 
Adi berpendapat kenaikan UMP itu sekaligus mendukung pengusaha kelas menengah bawah agar tak gulung tikar.
 
"Kalau kenaikan UMP yang terlalu tinggi bisa merepotkan pengusaha menengah bawah," tegas Adi.
 
"Saya mendukung adanya kenaikan itu, karena tuntutan gaji UMP yang standar bisa terpenuhi. Namun, harus tetap diperhatikan pula perusahaan menengah ke bawah," tandasnya. 
 
Diketahui Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno akan memberikan layanan gratis naik transjakarta bagi buruh yang bekerja di ibukota mulai 2018.
 
Kebijakan itu merupakan tindak lanjut dari penetapan UMP DKI Jakarta 2018 sebesar Rp 3.648.035.
 
"Kami akan memberikan pelayanan transportasi angkutan jalan yang lebih berkeadilan dengan memberikan kartu gratis transjakarta bagi pekerja dengan angka gaji UMP, ini akan berlaku mulai 1 Januari," ujar Anies.
 
Selain layanan gratis transjakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga akan memberikan subsidi bahan pokok. 
 
Para buruh bisa berbelanja di Jakgrosir yang menjual harga kebutuhan pokok lebih murah sekitar 10-15 persen dari harga pasar.
 
"Jadi satu sisi kami akan naikkan UMP, satu sisi lain kami akan turunkan biaya hidupnya dengan cara bantuan subsidi pangan," kata Anies.
 
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga akan memberikan Kartu Jakarta Pintar bagi anak-anak buruh yang gajinya sebesar UMP.
 
Menurut Anies, Pemprov DKI Jakarta akan menganggarkan Rp 885 miliar untuk subsidi pangan dan Rp 560 miliar untuk peningkatan besaran KJP.
 
Nantinya, buruh dengan gaji sebesar UMP akan memberikan kartu yang bisa mengakses layanan transjakarta dan berbelanja di Jakgrosir dalam satu kartu.

(Romi)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com