Gede Narayana: Komisi Informasi Pusat adalah Lembaga Mandiri

Gede Narayana: Komisi Informasi Pusat adalah Lembaga Mandiri


Jakarta, HanTer - Komisioner Komisi Informasi Pusat (KIP), Gede Narayana Sunarkha memastikan tidak ada lembaga manapun juga yang dapat mengintervensi Komisi Informasi dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai lembaga mandiri. 
 
Hasil putusan Majelis Komisioner Komisi Informasi bersifat independen dalam persidangan sengketa informasi antara Pemohon Informasi Publik dan Termohon dari Badan Publik. 
 
Demikian diungkapkan Gede setelah diambil sumpah jabatan oleh rohaniawan bersama enam komisioner KIP periode 2017-2021 di Gedung Kemkominfo Jakarta, Jumat (8/12/2017).
 
Pengambilan sumpah jabatan juga dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara bersama Sekjen Kemkominfo dan Sekretaris KI Pusat Hendra Purnama serta sejumlah KI Provinsi dan Kabupaten/Kota. 
 
Sementara enam komisioner KIP lain yang melakukan sumpah jabatan itu terdiri dari Tulus Subardjono, Arif Adi Kuswardono, Wafa Patria Umma, Hendra J Kede, dan  Romanus Ndau.
 
Adapun kelaziman lainnya, menurut Gede, setelah prosesi pengambilan sumpah jabatan komisioner maka dilaksanakan serahterima jabatan (sertijab). 
 
"Semua kelaziman itu dapat dilaksanakan asal positif asal tidak mempengaruhi integritas dan independensi komisioner maka syah saja dilaksanakan,” kata Gede.
 
Sebagaimana diketahui, dalam kutipan Keppres 119/P Tahun 2017 telah ditetapkan tujuh komisioner KI Pusat 2017-2021 per 1 November 2017. Namun dalam menjalankan tugas komisioner dibantu oleh Sekretariat KI Pusat yang menurut pada pasal 29 ayat tiga pada UU yang sama menyebutkan bahwa Sekretariat KI Pusat dipimpin oleh sekretaris yang ditetapkan oleh Menteri yang tugas dan wewenangnya di bidang komunikasi dan informatika berdasarkan usulan Komisi Informasi. 
 
Sebagai catatan, menurut Gede, pada periode pertama komisioner KI Pusat 2009-2013 melaksanakan sumpah jabatan seperti sekarang ini dilakukan terhadap komisioner KI Pusat 2017-2021 namun belum ada serahterima. Kemudian pada komisioner KI Pusat 2013-1017 juga tanpa pelantikan dan hanya melaksanakan serah terima jabatan dari komisioner periode sebelumnya.
 

(Romi)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com