Jelang Angkutan Nataru 2017, Dirjen Perhubungan Udara Evaluasi Tim Pengelolaan Slot Time Penerbangan

Jelang Angkutan Nataru 2017, Dirjen Perhubungan Udara Evaluasi Tim Pengelolaan Slot Time Penerbangan


Jakarta, HanTer - Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agus Santoso instruksikan untuk evaluasi Tim pengelolaan slot time penerbangan nasional agar sesuai dengan aturan yang berlaku. Aturan tersebut adalah Peraturan Menteri Perhubungan no. PM 57 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Alokasi Ketersediaan Waktu Terbang Slot Time Bandar Udara, serta Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara no. KP 112 tahun 2017 tentang Tata Cara Pengelolaan Alokasi Waktu Terbang (Slot Time) Bandar Udara, serta IM 16 tahun 2017.
 
“Slot Time ini berdampak pada berbagai hal. Terutama dalam hal keselamatan penerbangan, apalagi ICAO telah mengeluarkan hasil audit pemenuhan Keselamatan penerbangan Indonesia saat ini sangat tinggi ( 81,15%) dibanding nilai yang didapat selama 10 tahun terakhir ini. Untuk itu kami selaku regulator perlu evaluasi berkala terhadap Penyelenggara Slot Time di Bandar Udara  Indonesia sesuai tata cara dan standar prosedur operasi (SOP) sehingga pelaksanaannya di lapangan bisa lancar tetap transparan. Selain itu kami juga akan menjaga SOP tersebut agar ditaati sehingga tidak merugikan  pihak- pihak yang berkaitan,” ujar Agus.
 
Dalam hal keselamatan, slot time berperan untuk mengatur lalu lintas (pergerakan pesawat) di bandar udara sehingga pergerakannya teratur dan terhindar dari tubrukan antar pesawat atau dengan benda-benda lain.
 
Sedangkan dari sisi bisnis dan pelayanan, slot time berperan untuk mengoptimalkan kinerja semua pihak di bandar udara secara lebih efektif dan efisien. Jika slot time berjalan dengan lancar, kinerja maskapai akan lebih efisien karena tidak menghambur-hamburkan bahan bakar untuk hal-hal yang tidak perlu.
 
“Penumpang juga akan senang karena penerbangannya selamat, aman dan tepat waktu. Dan dalam scope yang lebih luas, ini juga akan mempengaruhi tingkat kepercayaan negara lain kepada penerbangan Indonesia. Mereka akan memberikan apresiasi tinggi jika penerbangan Indonesia selamat, aman dan tepat waktu sehingga mereka tidak segan-segan berinvestasi ke Indonesia,” lanjut Agus lagi.
 
Sebagai pemegang Otoritas Penerbangan tertinggi Agus  menyerahkan pengelolaan (designated authority) nya kepada Tim Pengelola Slot Time. Namun pihaknya akan melakukan evaluasi dan audit terkait pelaksanaan slot time di tiap periode, yaitu periode winter dan summer.
 
Jika ada pihak-pihak yang menghambat kelancaran terkait slot time ini, Agus menyatakan tidak akan segan-segan untuk memberikan sanksi berat sehingga tidak dapat  mengulangi perbuatannya lagi
 
Sesuai dengan aturan-aturan di atas, di Indonesia telah di bentuk Organisasi Slot Time yang terdiri dari Penyelenggara Slot Time Bandar Udara dan Pengelola Slot Time Bandar Udara. Sebagai ketua Penyelenggara Slot Time di Bandar Udara  Indonesia adalah  Dirjen Perhubungan Udara dengan Sekteraris adalah Kasubdit Operasi Navigasi Penerbangan Direktorat Navigasi Penerbangan dan  Kasubdit Standarisasi Bandar Udara Direktorat Bandar Udara.
 
Sedangkan Pengelola Slot Time adalah Indonesia Airport Slot Management (IASM) yang dibentuk oleh PT. Angkasa Pura I dan II serta Perum LPPNPI (AirNav) Indonesia untuk 35 bandar udara besar di Indonesia. Untuk bandar udara di luar itu, slot time dikelola oleh Penyelenggara Bandara Udara dan AirNav setempat. Intinya slot time penerbangan itu dikelola oleh tim. 
 
Ada 2 jenis Slot time  berdasar pada PM57/ 2016 dan KKP 112/ 2017 yaitu: 
 
1. Slot reguler yang dikelola oleh tim IASM. Data untuk pemberian slot reguler ini diperoleh dari tim Direktorat Bandar Udara, Navigasi Penerbangan dan UPKS yang menyetor data secara reguler. Slot ini dipastikan transparan karena dikerjakan oleh tim sebagaimana tersebut di atas dan semua anggota tim dapat mengaksesnya.
 
2. Slot irreguler yaitu slot yang dikeluarkan dan  diserahkan pengelolaannya pada  AirNav  bersama dengan Kepala Bandar Udara setempat. Slot irregular ini telah sesuai dengan Instruksi Menteri Perhubungan  no. IM 16/2016 dan  informasinya dapat diakses semua stakeholder penerbangan  sehingga juga dipastikan transparan pengelolaannya.
 
"Dengan semua penjelasan tersebut di atas, dapat saya nyatakan bahwa  tuduhan adanya jual beli slot itu adalah sesuatu yang tidak benar. Karena semua pengelolaannya telah sesuai aturan Pemerintah dan semua prosesnya sudah online, transparan dan dapat diakses oleh semua semua pihak (stake holder) di penerbangan," pungkas Agus Santoso.
 
Alur tata cara pengajuan slot yang dikelola IASM untuk penerbangan berjadwal adalah sebagai berikut:
 
1. Pengajuan slot request dikirim melalui email scr@iasmslot.com untuk penerbangan domestik danint@iasmslot.com untuk penerbangan internasional.
 
2. Score akan melakukan validasi sesuai dengan format SSIM.
 
3. Jika benar maka slot request akan di-handled oleh koordinator, jika tidak valid akan ada notifikasi dan coordinator mengembalikan slot request kepada pengirim.
 
4. Slot request akan di-handle oleh coordinator sesuai urutan email.
 
5. Proses evaluasi slot mempertimbangkan airport capacity (RWY, apron dan terminal) serta flight  time, flight ground time, PCN/CAN dan kategori PKP-PK.
 
6. Jika seluruh kapasitas tersedia, koordinator mengirim slot replied dengan action code ‘K’.
 
7. Jika salah satu kapasitas tidak tersedia, maka koordinator akan mencari offering.
 
8. Jika tidak ditemukan offering, koordinator mengirim slot replied dengan action code ‘U’.
 
9. Jika tersedia offering, koordinator mengirim slot replied dengan action code ‘O’.
 
10. Airlines yang diberikan offering slot, akan menjawab kembali dengan action code “ A” bila menerima offer dimaksud atau action code “Z” jika menolak offer.
 
11. Koordinator mengirim slot replied  dengan action code ‘K’ untuk offering slot yang diterima.
 
12. Schedule/ slot request tidak dapat direkomendasikan. 

(Anugrah)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com