Myanmar dan Bangladesh Bahas Pemulangan Muslim Rohingya

Myanmar dan Bangladesh Bahas Pemulangan Muslim Rohingya

Naypyidaw, HanTer - Pejabat dari Myanmar dan Bangladesh telah bertemu untuk menyelesaikan masalah yakni mengenai pemulangan pengungsi Muslim Rohingya, yang telah melarikan diri dari sebuah kampanye penumpasan yang disponsori negara di Negara Bagian Rakhine.
 
Pejabat dari kedua negara bertemu di Naypyidaw pada Senin (15/1/2018) karena kesepakatan pemulangan yang ditandatangani November lalu. Berdasarkan kesepakatan tersebut, Myanmar berjanji untuk memulangkan pengungsi Muslim, yang telah mengungsi ke Bangladesh sejak militer melancarkan tindakan keras terhadap komunitas Muslim pada bulan Oktober 2016, namun ini tidak mencakup sekitar 200.000 pengungsi Rohingya, yang tinggal di Bangladesh sebelum Oktober 2016.
 
Menurut kesepakatan repatriasi, Myanmar akan memulihkan keadaan normal di Rakhine Utara (Negara Bagian) dan untuk mendorong mereka yang telah meninggalkan Myanmar untuk kembali dengan sukarela dan selamat ke rumah mereka masing-masing atau ke tempat terdekat pilihan mereka yang dirasa nyaman.
 
Akan tetapi, seperti dilaporkan kantor berita AFP, sebagian besar pengungsi Rohingya mengatakan bahwa mereka tidak akan kembali ke Myanmar, di mana desa mereka di Negara Bagian Rakhine telah dibakar. Pasukan pemerintah Myanmar telah melakukan pembunuhan, melakukan penangkapan sewenang-wenang, dan melakukan serangan pembakaran di desa-desa Muslim di Rakhine.
 
Rohingya telah tinggal di Myanmar selama beberapa generasi namun ditolak kewarganegaraannya, dan otoritas negara setempat mencap mereka sebagai imigran ilegal dari Bangladesh.
 
PBB mengatakan hampir 655.000 Muslim Muslim Rohingya telah meninggalkan negara bagian barat ke Bangladesh sejak kekerasan berdarah meletus Agustus lalu, bahkan badan dunia itu telah menggambarkan sebuah komunitas Muslim yang bernilai 1,1 juta sebagai minoritas paling teraniaya di dunia. 

(Hermansyah)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com