Black Box Kapal Tanker Sanchi Sudah Dibuka

Black Box Kapal Tanker Sanchi Sudah Dibuka

Beirut, HanTer - Kotak hitam kapal tanker Sanchi dan kapal barang CF Crystal, dua kapal yang bertabrakan dalam bencana kapal minyak terburuk dalam beberapa dekade terakhir, sudah dibuka, demikian lapor Kantor Berita Mahasiswa Iran (ISNA), Rabu (24/1/2018) waktu setempat.
 
Pejabat dari China, Iran, dan Panama hadir saat kotak hitam dibuka, kata Hadi Haqshenas, wakil urusan maritim di Organisasi Pelabuhan dan Laut Iran, seperti dikutip oleh ISNA. Laporan tersebut tidak menyebutkan di mana pembukaan kotak dilakukan.
 
"Mengklarifikasi hasil akhir dari proses penguraian membutuhkan waktu dan itu bisa memakan waktu berbulan-bulan," ujar Haqshenas, menurut ISNA.
 
Sanchi, yang dijalankan oleh operator terkemuka pelayaran minyak Iran, bertabrakan dengan CF Crystal sekitar 160 mil di lepas pantai China dekat Shanghai dan muara Delta Sungai Yangtze pada 6 Januari lalu.
 
Kapal tanker yang terdaftar di Panama itu berlayar dari Iran ke Korea Selatan, membawa 136 ribu ton kondensat, minyak mentah ultra ringan dengan jumlah setara di bawah satu juta barel, yang bernilai sekitar 60 juta dolar Amerika Serikat.
 
Sanchi tenggelam pada 14 Januari setelah terbakar selama beberapa hari. Seluruh awak, yang terdiri dari 30 warga Iran dan dua warga Bangladesh, diperkirakan tewas. (ant)

(Hermansyah)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com