"Karpet Merah" Kampus Asing Masuki Indonesia

"Karpet Merah" Kampus Asing Masuki Indonesia


Jakarta, HanTer - Pemerintah, melalui Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) membuka pintu masuk kampus atau perguruan tinggi asing beroperasional di Indonesia.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), M Nasir mengatakan, perguruan tinggi asing yang bisa beroperasional di Tanah Air harus memenuhi beberapa persyaratan, yakni kerja sama dengan perguruan tinggi di Indonesia, lokasinya sudah ada dan ada ketentuan program studi prioritas.

"Intinya adalah kolaborasi dengan perguruan tinggi kita. Perguruan tinggi asing ini masuk ke perguruan tinggi swasta, jadi tidak diatur oleh pemerintah," kata Nasir di Jakarta, Senin (29/1/2018).

Ia mengungkapkan, sudah ada beberapa perguruan tinggi yang tertarik untuk beroperasi di Indonesia seperti Universitas Cambridge, Melbourne University dan Quensland University. "Paling tidak ada sekitar lima hingga 10 perguruan tinggi asing. Kami menargetkan bisa beroperasional pada pertengahan tahun ini," katanya.

Dengan adanya operasional perguruan tinggi asing unggulan di Tanah Air, menurut Nasir, memiliki beberapa keuntungan seperti anak Indonesia tak perlu lagi kuliah ke luar negeri untuk mendapatkan universitas yang bagus.

Nasir memberi contoh di Inggris, ada ribuan mahasiswa Indonesia yang kuliah dengan biaya sendiri setiap tahunnya. Jika ada perguruan tinggi asing yang bagus di Tanah Air, maka anak tersebut tak lagi harus kuliah ke Inggris tapi cukup di Indonesia.

Selain itu, dengan adanya perguruan tinggi asing diharapkan bisa mendatangkan mahasiswa asing untuk belajar di Indonesia. "Indonesia memiliki keuntungan karena biaya hidup baru. Jika ini terealisasi, tentu saja akan membawa dampak pada perekonomian masyarakat," papar dia.

(Abe/Ant)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com