RZ Bantu Pangan dan Kesehatan untuk Rohingya

RZ Bantu Pangan dan Kesehatan untuk Rohingya

Bangladesh, HanTer - Rumah Zakat kembali menyalurkan bantuan kepada para pengungsi Rohingya di Bangladesh, pada Minggu, (28/1). Awal tahun 2018, Rumah Zakat memberikan bantuan berupa Mobile Clinic, bantuan medis, penyediaan dokter, tenaga medis, pembangunan shelter, penyediaan air bersih, bantuan pangan, energi solar cell untuk penerangan shelter, Al Quran, dan perlengkapan sekolah darurat. 
 
"Hingga saat ini, Tim Kemanusiaan Rumah Zakat masih berada di Bangladesh untuk distribusi bantuan bagi pengungsi Rohingya di sana. Mereka akan bertugas di Bangladesh sampai satu tahun ke depan. Kami akan mengganti tim setiap dua pekan," jelas Murni Alit Baginda, Chief Program Officer Rumah Zakat seperti keterangan diterima Harian Terbit, Sabtu (3/2/2018). 
 
Anto, relawan Rumah Zakat yang bertugas di lapangan mengatakan, lokasi pengungsian tidak berpusat di satu titik saja, ada banyak titik lokasi pengungsian. Setiap titik pengungsian dibagi menjadi beberapa blok, dalam satu blok dihuni oleh 2.000 pengungsi.
 
Selain itu, menurut dr. Ava, salah satu tim medis yang diutus Rumah Zakat mengungkapkan, masalah kesehatan yang banyak diderita pengungsi dalam satu bulan terakhir adalah gangguan pencernaan, seperti gastritis, fatique, demam, dan masalah kulit. Rata-rata kunjungan pasien saat ini bisa mencapai 150 orang per hari.
 
Sebelumnya, sepanjang tahun 2017, Rumah Zakat telah melakukan pendistribusian bantuan untuk warga Rohingya di Myanmar dan Bangladesh. Bantuan yang berikan diantaranya paket makanan untuk 88.155 jiwa, layanan kesehatan untuk 14.130 jiwa, 3.350 paket water tank dan hygiene kits, pakaian untuk 1.600 jiwa, penyediaan shelter untuk 200 jiwa, pembuatan 10 unit toilet, 20 water hand pump, dan pendirian  satu unit sekolah darurat.

(romi)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com