Ratusan Mahasiswa Belum Terima Dana Beasiswa 2017

Ratusan Mahasiswa Belum Terima Dana Beasiswa 2017

Tanjungpinang, HanTer - Sebanyak 964 orang mahasiswa dari berbagai kampus di Provinsi Kepulauan Riau sampai sekarang belum menerima beasiswa tahun 2017.

Kepala Dinas Pendidikan Kepri Arifin Nasir, di Tanjungpinang, Kamis, mengatakan keterlambatan pencairan dana beasiswa tahun 2017 itu disebabkan permasalahan administrasi yang harus disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku.

"Jangan sampai ada mahasiswa yang tidak berhak menerima beasiswa, malah mendapatkan bantuan dari pemerintah daerah," kata Arifin.

Awalnya Disdik Kepri mengalokasikan dana beasiswa untuk 975 orang, namun nama 11 orang di antaranya dicoret lantaran sudah menerima beasiswa dari lembaga lainnya.

"Ada juga yang sudah lulus kuliah, tetapi menginginkan beasiswa itu. Ya, tidak bisa," katanya lagi.

Arifin mengatakan, administrasi pengelolaan dana beasiswa itu diperbaiki setelah Disdik Kepri berkoordinasi dengan aparat penegak hukum. Pihak kejaksaan mengingatkan Disdik Kepri agar berhati-hati dalam menyalurkan dana beasiswa tersebut.

"Kami juga sudah konsultasi dengan Komisi IV DPRD Kepri. Kami minta mahasiswa bersabar sebentar agar pelaksanaan kegiatan ini tidak melanggar aturan," ujarnya.

Hari ini, kata dia lagi, Disdik Kepri telah memproses administrasi beasiswa untuk 324 orang mahasiswa. Dokumen persyaratan pencairan sudah diserahkan kepada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kepri. "Kami minta agar segera dicairkan," katanya.

Arifin mengemukakan verifikasi administrasi persyaratan mahasiswa penerima beasiswa sampai sekarang masih berjalan. "Mudah-mudahan dalam beberapa hari ini tuntas," katanya pula.

Salah seorang penerima beasiswa Feb mengatakan, permohonan pengajuan beasiswa dan persyaratan lainnya diulang dari awal. Mahasiswa harus membeli lagi tiga meterai, dan mengirim permohonan melalui Kantor Pos, padahal kantor Disdik Kepri di Tanjungpinang.

"Sangat sulit sekarang untuk mendapatkan beasiswa. Urusan birokrasinya terlalu panjang, menyita waktu, dan butuh uang yang lumayan," kata mahasiswa yang kuliah di Universitas Maritim Raja Ali Haji itu pula.

(Ant)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com