Kominfo Diminta Segera Bikin Dashboar Pemantau Taksi Daring

Kominfo Diminta Segera Bikin Dashboar Pemantau Taksi Daring

Jakarta, HanTer - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) segera memenuhi janji untuk membuat "dashboard" pemantau taksi daring.

Permintaan itu, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 108 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek yang seharusnya sudah terlaksana per 1 Februari 2018.

"Tadi pagi saya ketemu sopir taksi daring, mereka minta sekali lagi. Saya minta agar ini dilaksanakan dengan cepat karena hal-hal prinsip yang diperlukan pengemudi berkaitan dengan payung hukum aplikasi," kata Budi di Jakarta, Selasa (13/2/2018).

Budi mengatakan akan memberi waktu maksimal satu bulan untuk Kemenkominfo dalam melaksanakan kewajiban yang sudah diatur oleh undang-undang itu.

Moratorium Pengemudi

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan setelah rapat dengan Menkominfo Rudiantara banyak ditemukan permasalahan di lapangan, salah satunya ketidaksesuaian identitas yang didaftatkan di perusahaa dengan diaplikasi, sehingga menyulitkan dalam pendataan untuk "dashboard" pemantauan.

Untuk itu, Budi meminta perusahaan aplikasi melakukan moratorium tidak lagi menerima pendaftaran calon pengemudi, termasuk dengan cara perorangan. "Jadi jangan menerima pendaftaran baru buat mereka, yang sudah ada, ditata dulu," katanya, dilansir Antara.

Terpisah, Kominfo menyatakan akses dan otorisasi "dashboard" pemantau taksi daring yang telah selesai pembuatannya akan diserahkan kepada Kementerian Perhubungan dan dinas-dinas perhubungan provinsi pada Rabu (14/2/2018).

"Dirjen Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan menyampaikan, sebelumnya pada 2 Februari 2018 kami sudah mendemokan 'dashboard' kepada Kementerian Perhubungan," ujar Plt. Kepala Biro Humas Kemkominfo Noor Iza. 

(Abe/Ant)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com