Sukses di Test Event Asian Games, Syailendra Siram Timnas Basket dengan Bonus

Sukses di Test Event Asian Games, Syailendra Siram Timnas Basket dengan Bonus


Jakarta, HanTer - Diawali dengan makan malam disebuah restoran hotel di sudut Senayan, skuat timnas basket Indonesia melakukan syukuran atas keberhasilannya meraih prestasi tertinggi dalam turnamen invitation jelang Asian Games 2018.
 
Seperti diketahui, sebelum dikalungkan medali emas dan pengibaran bendera Merah-Putih yang diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya di Hall A Basket komplek Gelora Bung Karno Jakarta beberapa waktu lalu, terlebih dahulu anak asuh Fictor Gideon Roring itu mengalahkan tim India yang diatas kertas memiliki tingkatan lebih tinggi terhadap Indonesia dengan skor akhir 78-68.
 
Atas raihan tersebut, Syailendra S. Bakrie selaku Ketua Badan Tim Nasional (BTN) cabang olahraga basket pun tak alpa untuk memberikan bonus kepada para pemain yang telah mampu membuat nama harum bangsa dan negara. Ia mengatakan itu menjadi sebuah apresiasi bagi para pemain yang sudah berjibaku mempersembahkan sebuah kegemilangan meski tim baru beberapa hari terbentuk. 
 
"Mereka mampu menunjukkan kekompakan dalam bermain sekaligus mampu mengalahkan tim yang secara level jauh diatas kita. Start yang bagus dari para pemain Timnas kita jelang Asian Games Agustus mendatang," tutur Syailendra S. Bakrie, Senin (19/2/2018).
 
Ia pun sebagai BTN menilai jika skuat yang dibangun pelatih Fictor Gideon Roring sudah cukup kompak, di mana sudah terlihat chemistry diantara para pemain, namun tetap menegaskan jika evaluasi mutlak dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada saat games time nanti.
 
"Saya melihat sudah cukup kompak, tapi mungkin di waktu yang tersisa dalam masa persiapan, seharusnya akan jauh lebih baik lagi chemistry permainan diantara para pemain, namun kita masih memiliki pekerjaan rumah yang harus kita tanggulangi di mana sangat dekatnya jeda liga selesai dengan dimulainya Asian Games," tambahnya.
 
Terkait Asian Games 2018 nantinya, Syailendra mengklaim akan melakukan terobosan-terobosan guna menambah keperkasaan tim. Pria yang akrab disapa Eda itu mengatakan bahwa pasca selesainya Liga, akan lanjut dengan Training Camp (TC) sehingga mampu membawa semangat baru bagi para skuat Timnas. "Asian Games merupakan tantangan. Kita akan berusaha sekuat mungkin, terlebih kita sebagai tuan rumah," pungkasnya.
 
Sempitnya waktu persiapan timnas menuju Asian Games pasca berakhirnya kompetisi IBL pada bulan April mendatang, bukan menjadi halangan. Manajer Timnas Andiko Ardi Purnomo menuturkan masih ada ruang untuk mempersiapkan tim ini untuk lebih baik lagi. "Kita akan memaksimalkan waktu yang ada untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Dengan step by step, target kita di Asian Games adalah lolos dari fase grup dulu dan mampu memperbaiki peringkat kita di FIBA dimana kini bertengger diperingkat 21," ungkapnya.
 
Berlaku Promdeg
 
Sementara itu, pelatih Fictor Gideon Roring menegaskan jika pihaknya masih akan menyeleksi para pemain yang tampil di Liga. Dikatakannya, mereka yang mampu tampil memukau berhak untuk memperkuat Timnas. "Di sisa perjalanan Liga nanti jika kami melihat ada pemain yang kinclong, saya tak ragu-ragu untuk mengganti yang ada. Seleksinya mereka di Liga," tegasnya.
 
"Artinya yang menentukan bukan saya, yaitu mereka sendiri. Dia bisa membawa klubnya juara pasti menjadi kredit poin bagi penilaian kami. Dia bisa tampil istimewa di klubnya pasti tak luput dari pantauan kami," tambahnya.
 
Lebih lanjut, pelatih yang akrab disapa Ito itu menjadwalkan, pasca berakhirnya Liga di tanggal 22 April mendatang, tiga hari kemudian TC langsung bergulir dengan memanggil rencananya 18 pemain selama dua minggu. Kemudian mengalami penyusutan menjadi 14-15 orang yang akan diteruskan hingga Asian Games, baru dipilih 12 pemain untuk memperkuat Indonesia. 

(Hermansyah)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com