Oseanography Sience Week 2018 Ungkap Hasil Riset Kelautan Terkini

Oseanography Sience Week 2018 Ungkap Hasil Riset Kelautan Terkini


Jakarta, HanTer - Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2O-LIPI) menggelar Oseanography Science Week (OSW) 2018, yang berlangsung pada 19-23 Februari 2018.

“OSW 2018 memperingati 113 tahun Pusat Penelitian Oseanografi yang telah mengarungi masa yang cukup panjang untuk sebuah lembaga riset, dengan telah melewati beragam dinamika zaman mulai dari zaman penjajahan, perang kemerdekaan, revolusi fisik hingga sekarang,” kata Kepala Pusat Penelitian Oseanografi LIPI, Dirhamsyah dalam media briefing di Jakarta, Selasa (20/2/2018).

Dalam OSW 2018 ini, jelas dia, akan diungkap masalah-masalah tentang kelautan, khususnya terkait terumbu karang dan sampah mikroplastik yang mengancam ekosistem laut.

“Kami juga melakukan penyusunan indeks kesehatan mangrove dan lamun, karena selama ini Indonesia belum mempunyai indeks untuk menyatakan mangrove atau ladang lamun itu sehat atau tidak,” ungkapnya.

Dhirhamsyah menuturkan, selama 113 tahun berdiri, Pusat Penelitian Oseanografi LIPI secara kosisten mengumpulkan data dan informasi terkait bidang penelitian oseanografi.

Salah satu data yang secara konsisten dihasilkan dari P2O- LIPI adalah data ekosistem penting di wilayah pesisir, yaitu terumbu karang, padang lamun, dan mangrove serta lingkungan perairannya.

“Kami sebagai pemegang mandat walidata berkomitmen menjalankan kegiatan pemantauan terumbu karang dan ekosistem terkait serta pengumpulan data dan informasi kelautan lainnya,” ucapnya.

Gelaran OSW juga akan menghadirkan beragam kegiatan penting, diantaranya training monitoring stok teripang, training monitoring sampah laut terdampar, diskusi tentang riset pulau terluar dan hilirisasi riset budidaya dan bioprospeksi laut.

Para peneliti dan akademisi juga akan terlibat dalam  focus group discussion (FGD) Penyusunan Indeks Kesehatan Mangrove, FGD Penyusunan Indeks Kesehatan Lamun, peluncuran buku, serta agenda kick of meeting COREMAP CII LIPI.

 

(C)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com