Akhir Juni INAPGOC Gelar Test Event Asian Para Games

Akhir Juni INAPGOC Gelar Test Event Asian Para Games

Jakarta, HanTer - Test event Asian Para Games 2018 rencananya akan berlangsung pada 30 Juni hingga 3 Juli 2018 di Jakarta. Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Indonesian Para Games Organizing Committee (INAPGOC) Raja Sapta Oktohari saat bertemu dengan Menpora Imam Nahrawi di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (21/2/2018).
 
"Sebelum Asian Para Games 2018 Oktober mendatang, panitia penyelenggara INAPGOC akan menggelar uji coba bertajuk test event, rencananya akan digelar selama empat hari, terhitung 30 Juni hingga 3 Juli 2018 dengan mempertandingkan beberapa cabang olahraga (saat ini renang dan atletik)," ujar Raja Sapta Oktohari.
 
Rencananya, ada lima cabor yang akan dipertandingkan dalam test event tersebut. Meliputi wheelchair basketball, para atletik, tenis meja, bulu tangkis, dan para swimming. Sedangkan untuk venue yang akan digunakan, hanya di kompleks Gelora Bung Karno Jakarta.
 
Pria yang juga menjabat sebagai Ketua ISSI itu menambahkan, ajang itu sekaligus untuk mendapatkan lisensi atlet Indonesia agar memenuhi kuota, sebab, setiap atlet yang menjadi peserta Asian Para Games harus lolos prosedur administratif, bukti kecacatan, dan administratif lainnya seperti paspor, foto, dan rekam medisnya sehingga bisa mendapatkan lisensi.
 
"Selain untuk uji coba venue, test event nanti sekaligus sebagai ajang  mendapatkan lisensi atlet karena sampai saat ini Indonesia masih kekurangan atlet diffabel berlisensi untuk memenuhi kuota 300 atlet," tambah pria yang akrab disapa Okto itu.
 
Menanggapi hal tersebut, Menpora Imam Nahrawi mengatakan bahwa penyelenggaraan Asian Para Games ini akan menjadi event besar selain Asian Games. "Pemerintah dan semua masyarakat wajib mendukung suksesnya penyelenggaraan Asian Para Games tersebut, terlebih ini merupakan multievent yang sangat spesial," ungkap Menpora.
 
"Terkait dengan atlet kita inikan tuan rumah, jadi harus menyertakan kekuatan penuh minimal 300 atlet dan itu sudah kami SK kan di pelatnas, bahkan kalau bisa kita tambah lagi agar semua atlet disabilitas bisa menjadikan momentum Asian Para Games ini sebagai ajang untuk mendapatkan pengalaman baru bertanding dengan atlet dari negara lain," lanjut Menteri asal Bangkalan, Madura itu.
 
Hadir dalam pertemuan itu Sesmenpora Gatot S Dewa Broto, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta, Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga  Mulyana, Wakil Ketua Umum INAPGOC Adiati  Noerdin, Sekjen INAPGOC Bayu Rahadian dan Wasekjen INAPGOC Ferry Kono. 

(Hermansyah)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com