Kalah Lagi dari Mono Vampire, Pelatih CLS akan Mempersiapkan Kerangka Tim untuk Musim Depan

Kalah Lagi dari Mono Vampire, Pelatih CLS akan Mempersiapkan Kerangka Tim untuk Musim Depan

Surabaya, HanTer - CLS Knights Indonesia kembali harus menelan pil pahit kekalahan saat menjamu Mono Vampire dalam lanjutan ASEAN Basketball League (ABL) 2017-2018, ketika berlangsung di GOR Kertajaya, Surabaya, Rabu (21/2/2018), dengan skor akhir 80-86.
 
Hasil ini makin memperbesar catatan buruk tim yang kali pertama mentas di ajang ini, sekaligus merupakan kekalahan keempat beruntun CLS, setelah mengemas dua kemenangan beruntun yang didapat masing-masing dari Formosa Dreamers dan Westports Malaysia Dragons sebelumnya, sehingga dari rekor 15 kali bertanding, baru tiga kali merasakan kemenangan.
 
Dalam persaingan di ajang ini menajemen CLS Knights Indonesia memiliki pekerjaan rumah yang berat. Pasalnya, kekalahan dari laga-laga sebelumnya, terlebih dulu tim asal Surabaya tersebut kerap memimpin di tiga kuarter, namun kerap terjadi penurunan performa di kuarter terakhir sehingga menimbulkan efek yang negatif.
 
Seperti halnya pada laga melawan Mono Vampire ini. CLS sempat berada diatas angin diawal pertandingan. Di mana dua tembakan tiga angka Shane berhasil menjadi pemicu kemenangan sementara dikuarter awal dengan skor 20-14. Bahkan kuarter berikutnya masih menjadi milik anak-anak Surabaya. 
 
Mono Vampire hampir saja bisa mengejar saat mereka bisa mempersempit jarak angka hanya menjadi satu setengah bola saja (24-27). Untungnya momentum segera didapatkan kembali oleh para pemain CLS Knights, saat slam dunk Shane Edwards hasil assist Brian Williams menjelang babak pertama usai, mempertegas dominasi CLS sekaligus menutup babak pertama denga skor 37-30.
 
Kuarter ketiga akhir Mono Vampire mendapatkan momentum, bahkan berbalik unggul 60-57. Hilangnya Brian Williams dipertengahan kuarter ketiga (mengalami cedera pada bibir) dan gemilangnya pemain lawan Paul Christian Zamar menjadi penyebab CLS Knights tidak dapat menjaga margin kemenangannya.
 
Meski CLS mampu melesatkan empat kali tembakan angka (satu Keith Jensen dan tiga kali Mario Wuysang), nyatanya Zamar lah yang menjadi penentu kebangkitan Mono Vampire, lewat total 13 angka yang dibuatnya pada kuarter ini.
 
Sempat terjadinya kejar mengejar angka yang rapat dikuarter keempat, akhirnya perlawanan gigih CLS pupus disaat detik-detik terakhir kuarter keempat. Tembakan tiga angka disisa 16 detik yang dilepaskan Michael Anthony Singletary, membuyarkan tim tuan rumah untuk meraih kemenangan keempatnya pada musim ini, akhirnya mereka pun harus mengakui keunggulan Mono Vampire dengan skor akhir 80-86.
 
Pasca laga, pelatih CLS Koko Heru Setyo Nugroho mengatakan bahwa dirinya akan mempersiapkan kerangka tim untuk musim depan, di saat protes yang terus mengalir dari para penggemar CLS melalui kolom komentar klub di GOR Kertajaya yang selalu dipenuhi dengan permintaan agar dirinya segera mundur dari jabatannya.
 
"Kami akan mempersiapkan kerangka tim untuk musim depan. Semua aspek harus dibenahi, pemain impor harus ada chemistry diawal, demikian juga dengan pemain lokal. Mungkin fans basket Indonesia saat ini hanya bisa melihat CLS kalah dan mereka mengingikan saya keluar. Tapi mereka tidak tahu sejarah ABL, dimana timnya rata-rata sudah banyak pengalaman. Paradigmanya mungkin membandingkan CLS saat di liga lokal, tapi ini sangat jauh berbeda, dari segi kompetisinya, level pemain asingnya, pengaturan travelnya dan juga faktor internal," tutur Koko usai laga.
 
Bahkan ia memuji dirinya sendiri yang menjadi pelatih paling lama memberikan kesempatan para pemain lokal mendapatkan minute play banyak. “Lihat Kaleb dan Firman. Saya berikan kesempatan mereka mampu menjawabnya. Dan sebagai informasi saya adalah pelatih yang paling lama memberikan kesempatan para pemain lokal dengan minute play yang banyak dibandingkan dengan tim ABL lainnya, pungkasnya. 
 
STATISTIK CLS Knights Indonesia di 15 Laga ABL
Menang 3 Kali, Kalah 12 Kali
 
NO*LAWAN*SKOR*HASIL*STATUS
 
1*Formosa Dreamers*94-73*Menang*Kandang
2*Singapore Slinger*77-66*Kalah*Tandang
3*Mono Vampire*98-85*Kalah*Tandang
4*Hong Kong Eastern*78-87*Kalah*Kandang
5*Singapore Slinger*71-79*Kalah*Kandang
6*Chongson Kung Fu*83-86*Kalah*Kandang
7*Singapore Slinger*81-92*Kalah*Kandang
8*San Miguel Alab Pilipinas*87-92*Kalah*Kandang
9*Hong Kong Eastern*104-81*Kalah*Tandang
10*Formosa Dreamers*74-105*Menang*Tandang
11*Westports Malaysia Dragons*82-92*Menang*Tandang
12*Chongson Kung Fu*100-75*Kalah*Tandang
13*San Miguel Alab Pilipinas*73-80*Kalah*Kandang
14*Saigon Heat*88-93*Kalah*Kandang
15*Mono Vampire *80-86*Kalah*Kandang
 
Statistik Kemenangan CLS Knight Indonesia
 
* Kandang: 1 Kali 
- Vs Formosa Dreamers 94-73
 
* Tandang: 2 Kali 
- Vs Formosa Dreamers 105-74 
- Vs Westports Malaysia Dragons 92-82
 
 
Statistik Kekalahan CLS Knight Indonesia
 
* Kandang: 8 kali
- Hong Kong Eastern 78-87 
- Singapore Slinger 71-79 
- Chongson Kung Fu 83-86
- Singapore Slinger 81-92 
- San Miguel Alab Pilipinas 87-92 
- San Miguel Alab Pilipinas 73-80 
- Saigon Heat 88-93 
- Mono Vampire 80-86 
 
* Tandang: 4 kali
- Singapore Slinger 77-66
- Mono Vampire 98-85
- Hong Kong Eastern 104-81
- Chongson Kung Fu 100-75

(Hermansyah)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com