LIPI Berhasil Kembangkan Suplemen Berbahan Dasar Teripang

LIPI Berhasil Kembangkan Suplemen Berbahan Dasar Teripang


Jakarta, HanTer – Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P20-LIPI) mengembangkan formula suplemen makanan yang berasal dari Teripang atau timun filum laut. Teripang disebut memiliki beragam zat yang baik bagi tubuh.

“Masyarakat saat ini sudah sadar untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dari produk alami karena memiliki manfaat fisiologis dan mengurangi resiko terjadinya berbagai penyakit kronis,” ungkap Peneliti P2O LIPI, Tutik Murniasih dalam media briefing “Suplemen Sehat dari Laut untuk Perbaikan Gizi Masyarakat” di Jakarta, Kamis (22/2/2018).

Tutik mencontohkan jenis teripang bernama Teripang Stichopus vastus yang tergolong teripang murah. Hebatnya, teripang Stichopus vastus memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi produk obat dan makanan kesehatan yang bernilai ekonomi tinggi.

“Teripang dapat diolah menjadi makanan kesehatan pendamping atau penambah program diet, nutrisi atau kondisi tubuh tertentu dan bukan merupakan pengganti makanan,” ujar Tutik.

Suplemen makanan yang diolah, kata Tutik, berwarna putih keruh, berbau khas dan berbentuk kental. “Formulasi sediaan dalam bentuk cair mempunyai banyak keuntungan, yaitu kemudahan dalam penentuan dosis, kemudahan untuk ditelen dan pertimbangan bioavailabilitas. Selain itu kandungannya lebih mudah diserap tubuh,” kata Tutik .

Ditempat yang sama, peneliti teripang P2O LIPI, Abdullah Rasyid mengatakan, ekstrak teripang untuk suplemen makanan yang telah dikembangkan berhasil melewati serangkaian uji laboratorium oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Targetnya 2020 (suplemen) bisa diproduksi massal. Sekarang dalam proses pengusulan paten dan diharapkan dapat menjadi substitusi impor produk-produk sejenis yang saat ini beredar di masyarakat” ungkapnya.

Abdullah menyebut, teripang punya banyak kandungan gizi seperti protein dengan rendah lemak, kolagen, vitamin, omega 3, glukosamin dan kondroitin dan mukopolisakarida.

 

 

(Abe/CL)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com