PUPR Klaim Wisma Atlet Sudah 100 Persen dan Siap Diresmikan

PUPR Klaim Wisma Atlet Sudah 100 Persen dan Siap Diresmikan

JELANG ASIAN GAMES XVIII/2018

Jakarta, HanTer - Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan menyatakan, pembangunan Wisma Atlet Kemayoran telah rampung dan siap diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu, menyatakan saat ini kondisi bangunan Rusun sudah selesai 100 persen.

"Rusun yang akan dijadikan wisma atlet Asian Games kondisinya sudah siap untuk diresmikan Presiden. Rencananya peresmiannya pekan depan," ujarnya.

Khalawi menjelaskan pihaknya berterimakasih atas kerja keras dari para pegawainya serta dukungan dari kontraktor yang telah bekerja siang malam tak kenal lelah untuk menyelesaikan pembangunan Rusun tersebut.

Selain itu, pihaknya juga berterimakasih kepada pihak Sekretariat Negara dan Pemda DKI dan INASGOC guna mempersiapkan tempat tinggal yang nyaman bagi para atlet.

Dirjen Penyediaan Perumahan Khalawi juga mengaku telah menyelesaikan beberapa perbaikan kecil yang menjadi catatan pada kunjungan Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono ke Rusun Atlet Asian Games Kemayoran beberapa waktu lalu.

Kementerian PUPR membangun wisma atlet sebanyak 10 tower yang terdiri dari tiga tower di Blok C-2 seluas 135.000 meter persegi dan tujuh tower di Blok D-10 seluas 333.700 meter persegi di kawasan Kemayoran.

Pembangunan 10 tower wisma atlet di kawasan Kemayoran tersebut dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR berdasarkan Inpres Nomor 2 Tahun 2016 tentang Dukungan Penyelenggaraan Asian Games XVIII Tahun 2018 dan Perpres Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Proyek Strategis Nasional.

Pembangunan wisma atlet di Kemayoran sudah dimulai sejak tanggal 17 Maret 2016 dengan nilai kontrak pembangunan sekitar Rp3,7 triliun.

Bangunan vertikal ini setelah pelaksanaan ajang Asian Games 2018, rencananya akan dimanfaatkan sebagai hunian bagi penduduk Jakarta yang berhak sesuai kriteria yang ditetapkan pemerintah antara lain untuk masyarakat menengah ke bawah dan relokasi permukiman kumuh yang ada di Jakarta.

Kawasan Kemayoran Blok C-2 dan Blok D-10 merupakan aset milik negara atas nama Menteri Sekretariat Negara. Untuk Blok C-2 dibangun tiga tower dengan jumlah total 1.932 unit dan Blok D-10 akan dibangun tujuh tower dengan jumlah total 5.494 unit.

Rusun yang dibangun itu per unitnya merupakan tipe 36 dengan fasilitas dua kamar tidur, ruang tamu, dapur, kamar mandi dan tempat cuci jamur.

Diperkirakan dalam satu unit rusun akan dihuni tiga orang, sehingga wisma atlet ini diperkirakan dapat menampung sebanyak 22.278 orang atlet.

(Eka/Ant)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com