Fakhri Husaini Ubah Beberapa Posisi Pemain Timnas U-16

Fakhri Husaini Ubah Beberapa Posisi Pemain Timnas U-16


Jakarta, HanTer - Demi memaksimalkan peran di dalam tim, pelatih tim nasional U-16 Fakhri Husaini melakukan percobaan dengan mengubah posisi beberapa pemainnya. Dikutip dari laman resmi PSSI, Jakarta, Minggu (25/2/2018), beberapa pemain yang dirotasi dari posisinya adalah Rendy Juliansyah, Fadillah Nur Rahman dan Amiruddin Bagas.
 
"Di tim yang saya latih ini, saya mencari pemain yang bisa dan mampu bermain di dua posisi berbeda serta berlainan, karena ini tuntutan sepak bola modern. Pemain juga harus mengeksplorasi kemampuan dirinya sendiri. Saya yakin bahwa setiap individu pasti memiliki kelebihan," ujar Fakhri Husaini.
 
Rendy, yang aslinya seorang "striker", digeser ke posisi gelandang serang. Di sana, Fakhri menugaskannya untuk membuka ruang dan memberikan umpan pada rekannya, bukan sekadar mencetak gol. "Saya tidak mempersalahkan mau bermain diposisi apa, selama bisa membawa tim ini meraih kemenangan dan bisa mencetak gol, kenapa tidak?" kata Rendy.
 
Sementara gelandang bertahan timnas U-16 Fadillah Nur Rahman dicoba untuk mengemban tugas sebagai bek. Meski sedikit canggung di awal, Fadillah menyebut dirinya bisa beradaptasi dengan dukungan dari pelatih dan teman setim. "Tugas saya menjadi lebih mudah karena hanya fokus di lini pertahanan saja. Sama seperti yang biasa saya lakukan di tim bahwa tidak akan ada pemain lawan dibiarkan masuk ke daerah saya," tutur dia.
 
Sedangkan Amiruddin Bagas, dirinya bertukar peran dengan kembarannya Amiruddin Bagus. Bagas yang pemain depan mengisi posisi bek kanan yang biasa diisi Bagus, sementara Bagus sebaliknya. "Bagi saya itu tidak masalah. Mungkin pelatih melihat saya lebih pas di posisi itu," kata Bagas.
 
Selain nama-nama itu, Fakhri juga mencoba menukar posisi pemain lain seperti Salman Alfarid dan Andre Oktaviansyah yang sebelumnya pemain sayap menjadi gelandang bertahan.
 
Adapun saat ini tim nasional U-16 sedang menjalani pemusatan latihan (TC) kedua pada tahun 2018 di Stadion Atang Sutresna, kompleks Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, 20 Februari-5 Maret 2018. 
 
TC itu digelar sebagai persiapan menuju Turnamen Jenesys ("The Japan-East Asia Network of Exchange for Students and Youth"), Jepang, 6-15 Maret 2018, yang diikuti tuan rumah Jepang dan 11 negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia.
 
Pada 2018, tim nasional U-16 akan menjalani beberapa turnamen penting, seperti Piala AFF U-16 2018 pada 30 Juli-1 Agustus 2018 di mana Indonesia sebagai tuan rumah dan yang terakhir Piala AFC U-16 2018 di Malaysia pada 20-30 September 2018.

(Hermansyah)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com