Stapac dan Pacific Siapkan Strategi Jitu untuk Sebuah Tiket Semifinal

Stapac dan Pacific Siapkan Strategi Jitu untuk Sebuah Tiket Semifinal

Playoff Divisi Putih IBL Pertalite 2017/18

Jakarta, HanTer - Playoff Divisi Putih Liga Bola Basket Indonesia (IBL) Pertalite 2017/18 akan berlangsung menggunakan format best of three mulai 9, 10 dan 12 Maret 2018 di DBL Arena, Surabaya. Kedua tim yang akan memperebutkan satu tiket semi final di partai adalah Stapac Jakarta versus Pacific Caesar Surabaya.
 
Menghadapi Pacific Caesar Surabaya, asisten pelatih Stapac, Antonius Ferry Rinaldo, Rabu (7/3/2081) mengatakan bahwa timnya harus tampil agresif di lini serang dan rebound, guna mendominasi jalannya laga yang berujung dengan kemenangan. Bahkan, dua kekalahan yang dialaminya dari tiga pertemuan di musim reguler terhadap Pacific Caesar menjadi catatan tersendiri dalam mengevaluasi penampilan tim.
 
Salahsatu yang menjadi perhatian utama Stapac terhadap para pemain Pacific Caesar pada laga nanti terdapat pada dua pemain impornya seperti point guard David Seagers dan center Anton Davon Waters. Antonius Ferry Rinaldo menganggap bahwa kedua pemain tersebut sebagai sosok penentu di kubu Pacific. "Kami mesti agresif menutup serangan dan membatasi gerak Seagers serta Waters," tutur asisten pelatih yang akrab disapa Inal itu.
 
Disisi lain, kapten tim Stapac Jakarta Fandi Andika Ramadhani menyatakan keyakinannya bisa melaju ke semifinal dengan persiapan yang telah dilakukan. "Kami harus yakin mampu memenangi laga ini, namun itu semua harus menjalani proses secara bertahap," kata Fandi, yang akrab disapa Rama.
 
Sementara itu, Pacific Caesar Surabaya mengaku telah menyiapkan strategi alternatif untuk pertandingan playoff menghadapi Stapac. Pelatih Pacific Caesar Surabaya, Kencana Wukir mengatakan strategi itu diterapkan jika kedua pemain asingnya David Seagers dan Anton Davon Waters "dikunci" oleh para pemain Stapac.
 
"Belajar dari pertemuan di musim reguler, Stapac memang menjaga ketat Seagers dan Waters. Namun kami sudah siapkan beberapa alternatif cara bermain agar bisa mengambil keuntungan dan tentunya itu dengan mengoptimalkan kemampuan para pemain lokal kita," ujar Kencana.
 
Selain menyiapkan strategi cadangan, Pacific juga fokus menjaga pemain yang sangat berpengaruh untuk Stapac yaitu point guard asal Amerika Serikat (AS) Dominique Williams dengan rata-rata 19,65 poin, lima assist dan lima rebound pergim selama musim reguler IBL 2017-2018.
 
Pria yang biasa disapa Kiki tersebut menambahkan jika timnya akan berupaya semaksimal mungkin untuk memenangkan playoff dan melaju ke semifinal. "Kami berusaha untuk mengurangi dominasi Dom," tuturnya.
 
Ia juga mengklaim jika anak asuhnya dalam kondisi fit siap untuk playoff, kecuali sang kapten Nuke Saputra masih dalam penyembuhan cedera paha. Nuke, yang berperan sebagai guard telah membuat rata-rata 12,5 poin, 1,75 asisst dan empat rebound per-pertandingan di musim reguler lalu. "Kami akan melihat kondisinya apakah bisa bermain atau tidak," kata Kencana.
 
Sedangkan Nuke Saputra menyebut rekan-rekannya termotivasi untuk mengalahkan Stapac Jakarta di laga nanti setelah pada musim reguler mencatat dua kemenangan. Pacific mengalahkan Stapac dengan skor 71-63 pada seri kelima di Surabaya. Lalu seri keenam di Yogyakarta, dengan skor 68-65. Sedangkan Stapac meraih satu kemenangan atas Pacific saat melakoni seri ketujuh di Cirebon, dengan skor 64-49.
 
"Dua kemenangan itu menjadi salah satu motivasi kami. Namun yang terpenting adalah bermain sebagai tim dan tanpa beban untuk kembali merebut kemenangan," ujar Nuke.
 
Meski demikian, ia menyadari jika Stapac merupakan tim yang tangguh dan tidak mudah untuk ditaklukkan. "Kami percaya semua pemain bisa melakukan yang terbaik dan bekerja keras untuk tim. Sebagai pemain di tim yang sudah masuk playoff, kami harus yakin bisa ke semifinal," pungkas Nuke. 
 
Babak semifinal dari Divisi Putih IBL 2017-2018 sendiri akan berlangsung pada 5-8 April 2018 di mana pemenang laga Pacific Caesar versus Stapac Jakarta berhadapan dengan juara Divisi Putih Pelita Jaya Basketball untuk sebuah tiket final. 

(Hermansyah)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com