LKB Nyatakan Siap Bantu Pemprov DKI Lestarikan dan Kembangkan Seni Budaya Betawi

LKB Nyatakan Siap Bantu Pemprov DKI Lestarikan dan Kembangkan Seni Budaya Betawi

Sambangi Wakil Gubernur DKI Jakarta

Jakarta, HanTer - Sejumlah pengurus Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) periode 2018-2021 menemui Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Balaikota.

Ketua LKB, Beki Mardani, menyatakan dalam pertemuan itu, pihaknya berharap agar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersedia mengukuhkan pengurusnya.

"Hari ini saya melaporkan kepengurusan baru, dan kita minta pengukuhan. Karena tradisinya sejak tahun 1976, pengurus LKB dikukuhkan oleh Gubernur DKI Jakarta," ujar Beki kepada wartawan di Balaikota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (9/3/2018).

Adapun LKB yang saat ini menaungi 158 sanggar seni budaya Betawi, lanjutnya, ingin agar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta komitmen dalam membantu melestarikan seni budaya Betawi.

"Dalam pertemuan tadi, kami mengingatkan kepada Wagub DKI bahwa dalam Perda (Peraturan Daerah) nomor 4 tahun 2015 tentang pelestarian budaya Betawi, tercantum bahwa Pemprov DKI Jakarta `wajib` ikut berperan dalam upaya pelestarian dan pengembangan seni budaya Betawi," kata Beki.

Karena itu, Beki menegaskan pihaknya akan meningkatkan kerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta.

"Karena sebetulnya, 90 (sembilan puluh) persen pekerjaan Disparbud DKI ya ngurusin kebudayaan Betawi," tegasnya.

Lebih lanjut Beki menginginkan peran LKB kembali merujuk pada saat pembentukan awal pada tahun 70-an. Yakni, membantu Pemprov DKI Jakarta dalam melestarikan dan mengembangkan seni budaya Betawi.

"Karena LKB sudah 40 tahun terbentuk, kita ingin merevitalisasi dan mereaktualisasi peran dan fungsi LKB sebagaimana pembentukan awal. LKB sebetulnya di akta awalnya tahun 70an membantu Pemprov DKI dalam melestarikan dan mengembangkan seni budaya Betawi," ungkap dia.

(Sammy)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com