Polisi Selidiki Potensi Korupsi Kasus Tol Becakayu

Polisi Selidiki Potensi Korupsi Kasus Tol Becakayu

 
Jakarta, HanTer - Pihak kepolisian menyelidiki dugaan korupsi kasus penyangga cor proyek pengerjaan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) yang rusak dan runtuh di Jatinegara, Jakarta Timur.
 
Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Tony Surya Putra mengatakan, pihaknya masih melakukan penyelidikan di lapangan, dimana diduga terjadi tindak pidana korupsi.
 
Lebih jelasnya, kasus ini melibatkan tim Satuan Tugas (Satgas) gabungan yang Polda Metro Jaya dengan Kementerian Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR). 
 
Sementara Polres Metro Jakarta Timur yang juga fokus pada dugaan kelalaian yang menyebabkan penyangga cor itu tersebut runtuh.
 
"Terkait nanti apakah ada unsur korupsi atau unsur lain-lain sabotase ini kan ada tim Satgas Gabungan dari Kementerian PU sama Polda Metro Jaya," ujar Tony di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (9/3/2018).
 
Dalam kasus ini, polisi sudah menetapkan 2 orang tersangka dalam peristiwa tersebut yakni Kepala Pelaksana Lapangan PT. Waskita Karya berinsial AA dan Kepala Pengawas PT. Virama Karya berinisial AS.
 
Keduanya diduga dan tidak sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam menangani proyek senilai Rp7,23 triliun, suatu proyek yang sangat menelan APBN.
 
"Kita tangani kelalaiannya, yang pasti dengan kita tangani kasus Becakayu itu, kelalaian itu bentuk respon kita terhadap kecelakaan kerja itu, berbeda kalau tidak kita tetapkan tersangka dan seterusnya," beber Tony.
 
Sebelumnya tiang Tol Becakayu ambruk dan menimpa tujuh pekerja mengalami luka pada Selasa (20/2/2018) dini hari sekitar pukul 03:30 WIB.
 
Ketujuh korban terluka parah, yaitu Supri (47), Kirpan (37), Sarmin (46), Rusman (36), Joni Arisman (40), Agus (17) dan Waldi (41) yang dilarikan ke rumah sakit.
 

(Danial)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com