Tawarkan Olah Limbah Jadi Energi, NOCCI Ajak Kerjasama Kadin DKI

Tawarkan Olah Limbah Jadi Energi, NOCCI Ajak Kerjasama Kadin DKI

Jakarta, HanTer - Negros Oriental Chamber Of Commerce & Industry (NOCCI), atau Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Negros Oriental, yang berasal dari kota Dumaguete, Filipina, melakukan pertemuan dengan Kadin DKI Jakarta, di Jakarta, Jumat (9/3/2018).

Dalam pertemuan itu, Kadin Negros Oriental menawarkan kerjasama kepada Kadin DKI Jakarta, dalam hal pengolahan limbah sampah menjadi energi.

Francisco C. Martinez, President Negros Oriental Chamber Of Commerce & Industry, menyatakan pembuangan sampah di tengah kota merupakan masalah serius di berbagai bagian dunia. Dalam beberapa kasus bahkan sudah meresahkan masyarakat.

"Langkah baru untuk mengatasi masalah sampah dengan teknologi terkini dan berkembang, harus dapat memberikan kontribusi untuk pengelolaan yang lebih baik dan mengurangi bahaya pada kesehatan manusia dan lingkungan," ujarnya.

Karena itu, ia menilai inilah saatnya mempertimbangkan konsep pengolahan limbah untuk energi, yang tengah berkembang pesat dan diterapkan di berbagai Negara. Konsep utamanya yaitu pengelolaan sampah dan mencegah penumpukan pembuangan sampah, yang menjadi masalah di banyak tempat.

"Kami melihat model pembangkit listrik yang dapat memproses 250 ton sampah per hari, dan menghasilkan 10 MW energi listrik yang dapat dimasukkan ke dalam jaringan listrik," katanya.

Dalam kesempatan yang juga dihadiri oleh Edward C. DU, Philippine Chamber Of Commerce & Industry, Governor Region 7, ia menyatakan untuk mengatasi masalah pengelolaan dan pembuangan sampah, maka kombinasi antara teknologi mesin, pengetahuan dan budaya harus dievaluasi dan diterapkan secara berkelanjutan, untuk mencapai solusi yang saling menguntungkan.

Kamar Dagang dan Industri Negros Oriental (NOCCI) adalah organisasi keanggotaan bisnis swasta, non-saham, nirlaba yang melakukan fungsinya terkait dengan promosi investasi dan layanan investasi, berjejaring dengan berbagai instansi pemerintah, serta melakukan berbagai advokasi.

(Sammy)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com