Kang Emil Siap Hadapi Debat Pilgub

Kang Emil Siap Hadapi Debat Pilgub


Depok, HanTer - Ridwan Kamil akran disapa Kang Emil menyatakan, sudah siap untuk mengikuti rangkaian debat pemilihan kepala daerah Jawa Barat (Jabar) yang akan dilakukan perdana di Kompas TV, 12 Maret mendatang. 
 
Acara debat terselenggara atas kerjasama Kompas TV dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar. 
 
"Saya sudah latihan, setiap debat itu kan harus kuat mental," kata Kang Emil di sela-sela blusukan di Pasar Kemiri, Depok, Jawa Barat, Jumat (9/3/2018). 
 
Latihan yang dimaksud Kang Emil bervariasi. Mulai dari materi debat, gaya bicara, hingga latihan gestur. "Mudah mudahan dengan latihan ini pada saatnya lebih mudah dan tidak kagok. Insya Allah lancar seperti yang kita harapkan," jelas Wali Kota Bandung nonaktif ini. 
 
Selain berlatih debat, Kang Emil juga terus memanjatkan doa sambil berusaha. "Iya kan hidup ini kan dua, doa dan usaha. Usaha saja tanpa doa kan tidak barokah tapi kalau doa tanpa usaha juga kan gak ada ukuran kemajuannya," jelasnya.
 
Terpisah Komisioner KPU Jawa Barat Nina Yuningsih mengatakan, debat kandidat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat pada Senin (12/3/2018) malam dipastikan berbeda dengan debat kandidat di daerah lain atau sebelumnya. Selain akan ada adu argumen sengit, para kandidat dan pendukungnya diberi kesempatan tampil setelah segmen pertanyaan dan tanggapan. 
 
KPU Jawa Barat telah menyusun enam segmen debat yang akan dikendalikan sepenuhnya oleh moderator yaitu Rosiana Silalahi. Enam segmen tersebut yakni pemaparan visi dan misi, pertanyaan dari moderator, tanggapan kandidat, performa kandidat dan pendukungnya, pertanyaan undian, dan diakhiri oleh pernyataan penutup. Dalam ajang debat kali ini tidak ada panelis yang akan memberikan pertanyaan kepada kandidat.
 
Pertanyaan yang disusun oleh tim perumus dan diserahkan sepenuhnya kepada moderator untuk disampaikan dan ditanggapi kandidat. Adapun tim perumus terdiri atas 18 akademisi dari berbagai perguruan tinggi. 
 
"Nanti pun undian pertanyaan sudah disediakan. Kandidat tinggal memilih untuk siapa pertanyaan ditujukan," ucapnya. 
 

(Anugrah)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com