DPRD Dukung Pemprov DKI Penyediaan Fasilitas Difabel

DPRD Dukung Pemprov DKI Penyediaan Fasilitas Difabel

 
Jakarta, HanTer - Langkah Pemerintah Provinsi (Pemprov) yang terus memperbanyak fasilitas ramah difabel di Ibukota melalui penataan trotoar, kerap didukung kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta.
 
Sekretaris Komisi D DPRD DKI Jakarta Pandapotan Sinaga menyambut baik terobosan ini. Pemprov DKI Jakarta dinilai sudah selayaknya memperhatikan nasib para difabel.
 
"Kita sangat mendukung Pemprov DKI berikan fasilitas untuk difabel. Berarti semua kebutuhan yang diperlukan difabel sudah mulai diperhatikan," ujarnya saat dihubungi di Jakarta, Senin (12/3/2018).
 
 
Harus Sampai Tuntas
 
Menurut salah satu Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI ini, salah satu fasilitas yang harus disediakan bagi difabel yakni trotoar. Namun pihaknya mengingatkan, trotoar yang dibangun harus dituntaskan pengerjaannya.
 
"Kita sepakat pembangunan trotoar seperti di Sudirman-MH Thamrin. Tapi harus sampai tuntas," tandasnya.
 
Sebelumnya, Anggota DPRD DKI Jakarta, Syarif, sempat menyatakan dukungannya terhadap penataan trotoar di kawasan Sudirman-Thamrin.
 
"Pemprov saat ini baru mempresentasikan grand design dari proyek tersebut. Di sepanjang trotoar itu nantinya tidak ada fasilitas bagi PKL karena untuk mewujudkan trotoar yang fungsinya bebar-benar khusus bagi pejalan kaki," katanya di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Jumat (9/3/2018) kemarin.
 
Sekretaris Komisi A DPRD DKI Itu mengatakan, lokasi itu akan ada fasilitas interaksi seni budaya yang digelar secara rutin tiap week end dan momen khusus.
 
Namun ia mengingatkan pihak eksekutif jika telah memulai proyek tersebut jangan tumpang-tindih dengan proyek MRT di lokasi tersebut.
 
"Di jalan protokol tersebut kan lagi banyak pagar pengaman proyek MRT. Percuma kalau trotoar buru-buru digarap, tapi terganggu oleh proyek lainnya sehingga hasilnya tak optimal," kata Syarif.
 
Untuk diketahui, konsep penataan trotoar sepanjang jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat. Area penataan jalan dan trotoar mulai dari Patung Pemuda, Simpang Susun Semanggi, Patung Selamat Datang (Bundaran Hotel Indonesia), hingga Patung Kuda Arjuna Wiwaha.
 
Konsep penataan meliputi lajur TransJakarta, lajur kendaraan roda empat, lajur motor dan bus reguler, serta trotoar. Pohon-pohon peneduh dan taman pun akan ditata.
 
Penataan trotoar untuk memperindah kawasan Jalan Jenderal Sudirman-Thamrin sebagai jalan protokol di Jakarta. Anies berharap penataan bisa meningkatkan citra Jakarta dalam menyambut Asian Games 2018.
 
Penataan trotoar Jalan Jenderal Sudirman-Thamrin nantinya dilengkapi walk of fameatlet-atlet berprestasi yang telah mengharumkan nama Indonesia. Walk of fame itu akan dilengkapi kisah masing-masing atlet.

(Sammy)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com