Pengamanan Berlapis untuk Jokowi di Kalsel

Pengamanan Berlapis untuk Jokowi di Kalsel


Banjarbaru, HanTer - Sebanyak 3.000 personel gabungan berbagai unsur aparat keamanan siap mengamankan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo di Kalimantan Selatan yang dijadwalkan dua hari, Minggu (25/3/2018) dan Senin (26/3/2018).

Komandan Satuan Tugas Pengamanan Wilayah (Dansatgas Pamwil) pengamanan presiden Kolonel Inf Yudianto Putrajaya di Banjarbaru, Sabtu mengatakan, seluruh personel sudah disiagakan.

"Jumlah seluruh personel gabungan 3.000 orang dan seluruhnya sudah siaga pada titik yang ditetapkan," ujarnya usai memimpin apel kesiapsiagaan pasukan di halaman kantor Gubernur Kalsel.

Menurut Komandan Resimen Induk (Danrem) 101/Antasari itu, pengamanan presiden meliputi kehadiran di acara haul KH Zaini Abdul Ghani ke-13 di Sekumpul Kota Martapura, Minggu malam.

Ia mengatakan, petugas keamanan yang diturunkan di acara haulan ulama kharismatik Kabupaten Banjar, Kalsel itu disiapkan khusus menyesuaikan kegiatan keagamaan yang kental nuansa religius.

"Petugas keamanan khusus disiapkan melakukan pengamanan presiden selama mengikuti haulan. Petugas mengenakan baju koko dan peci putih menyesuaikan dengan jamaah," ungkapnya.

Ditekankan, petugas yang berpakaian putih-putih itu khusus ditugaskan untuk mengamankan jalur dilintasan presiden menuju Musala Ar Raudhah yang menjadi pusat haul abah Guru Sekumpul.

"Jumlah petugas khusus disesuaikan dan mereka akan mengawal presiden di sepanjang jalur yang dilintasi. Namun, keberadaan mereka tidak mengganggu kekhusu'an jamaah," ucapnya.

Dikatakan, pihaknya memerintahkan petugas khusus pengamanan presiden itu agar bersikap sopan dan ramah saat mengamankan jalur yang dilintasi kepala negara sehingga jamaah tetap nyaman.

"Saya sudah perintahkan seluruhnya agar bersikap sopan dan ramah. Jangan sampai mengganggu kekhusu'an jamaah yang jumlahnya diperkirakan mencapai 1,5 juta orang," tegasnya.

Sebelumnya, Kapolda Kalsel Brigjend Rachmat Mulyana mengatakan, pihaknya siap mengamankan kedatangan presiden dan sesuai protap, personel kepolisian berada di ring 3 dan ring 4.

"Kami melakukan pengamanan di ring 3 dan ring 4 dibantu relawan sebanyak 10.850 orang dan petugas dari dinas dan instansi terkait lain totalnya mencapai 14.175 orang," ujar kapolda.

Selain menghadiri haul abah Guru Sekumpul, presiden juga melakukan kunjungan kerja di Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar sepanjang hari Senin (26/3/2018) sebelum balik ke Jakarta.
 

(zamzam)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com

Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com